15 Desa Digelontor Rp 2,67 M untuk Irigasi

0
121


BNews-MUNGKID– Kunjungan kerja anggota Komisi 5 DPR RI dari Fraksi PDI P Sudjadi diterima Bupati Magelang Zaenal Arifin dan dari BBWSO Tri Bayu Adhi di rumah dinas Bupati Magelang siang ini (24/7). Dengan dihadiri 15 kepala desa di Kabupaten Magelang dan perwakilan Kepala Dusun serta Kepala Dinas Pekerjaan Umum Magelang dan dinas terkait lainnya.
Kunjungan kerja dalam sosialisasi pancasila soal penerima program bantuan P3TGAI atau irigsasi Desa 2017. Anggaran yang tidak sedikit siap dikelola oleh 15 desa untuk membangun irigasi, dengan total anggaran Rp.2,67 M dengan setiap desa menerima sebesar 178 juta.
Zaenal Arifin Bupati Magelang menerangkan bahwa potensi air di Magelang sangatlah tinggi namun ada beberapa wilayah yang memang kesulitan mendapatkan air bersih. “ Untuk di Magelang sendiri sampai saat ini irigasi milik pemerintah ada sekitar 932 buah irigasi,” katanya.
Sudjadi anggota komisi 5 DPR RIyang genap berusia 74 tahun hari ini setelah mendapat kejuatan kue ulang tahun dari Bupati Magelang menerangkan bahwa sosialisasi pancasila kali ini saya akan focus membantu dalam hal sumber daya air yaknio iririgasi desa. “ Kenapa irigasi desa, dia menjelaskan bahwa hal ini juga merupakan program pusat, dengan nantinya tujuannya yakni meningkatkan produksi padi dimana didukung dengan pembangunan pro rakyat dengan dampak kesehjateraan masyarakat,”katanya.
“Program ini nantinya BBWSO lah yang akan ikut berperan bersama DPU Kabupaten Magelang dan dinas terkait lainnya, kali ini baru 15 desa, tahun sebelumnya 10 Desa harapnnya tahun kedepan akan lebih banyak lagi untuk program iririgasi desa ini,” imbuhnya.
Sedangkan Tri Bayu Adhi dari BBWSO menerangkan bahwa untuk tahun 2017 ini baru 15 Desa yang memperoleh program ini dari 18 usulan diajukan kepusat. “ Saya harap tahun depan lebih banyak lagi karena dari pusat menargetkan 5000 desa memperoleh program ini, maka dari itu saya harap kepada seluruh masyarakat bisa mnegajukan proposal melalui DPU Kabupaten Magelang dan mendapatkan surat rekomendasi dari Bupati nanti akan kami survey dan cek jika lolos akan kami ajukan ke Pemerintahan pusat,” katanya.

“ Proposal pembangunan irigasi ataupun embung di desa segera saja dimajukan asal tidak ada permasalahan soal lahan itu akan lebih mudah untuk lolos sampai pusat,”pungkasnya. (BSN) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here