60 Kelompok Berlomba Ubah Sampah Jadi Barang Bernilai

0
84

BNews–MUNGKID– Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Magelang menggelar perlombaan kreasi bank sampah, kemarin. Lomba digelar dalam rangka peresmian gedung baru DLH.
Kegiatan mengangkat tema “Mari Kelola Sampah Menuju Indonesia Bebas Sampah 2020”. Sebanyak 60 peserta kelompok bank sampah ikut hadir memeriahkan acara ini, mulai dari stand pameran produk daur ulang sampah,pentas seni menggunakan hasil daur ulang sampah serta lomba kreasi mendaur ulang sampah.
Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Magelang Tri Agung menuturkan tujuan acara ini untuk merubah maindset masyarakat terhadap sampah. “Sampah yang selama ini dibilang jorok dan kotor menjadi lebih punya nilai ekonomi,sekaligus penandatanganan prasasti gedung baru oleh bupati magelang,” katanya.
Kabupaten Magelang yang sampai sekarang belum pernah mendapat penghargaan Adipura di bandingkan kabupaten/kota di sekitarnya menargetkan tahun ini mendapatkanya. Salah satunya dengan mengoptimalkan 195 Kelompok Bank Sampah di Magelang. Karena produksi sampah di Magelang cukup tinggi, 0,47 kg/orang/hari.
“Bayangkan saja produksi sampah masyarakat magelang yang ada sekitar 1,2 juta jiwa penduduk dengan memproduksi sampah 0,47 og/hari/orang,tentunya kita haru berdayakan kelompok-kelompok Bank Sampah di Magelang ,” ungkap Zaenal Arifin Bupati Magelang saat membuka acara. (Bsn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here