Aksi Bersih-bersih Sungai Awali Festival Kali Elo

0
109

BNews–MUNGKID– Rangkaian Festival Kali Elo yang digelar oleh Disparpora Kabupaten Magelang sudah dimulai hari ini (5/7). Puluhan warga dari Paguyuban Operator Arung Jeram Magelang (POAJM) bersama komunitas peduli sungai, unit damkar dan SAR Kabupaten Magelang, perwakilan Dinas Pariwisata dan Kepemudaan (Disparpora) serta Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Magelang mengikuti kegiatan bersih sungai di Sungai Elo.

Plt Kepala Bidang Pemasaran dan Promosi mewakili Kepala Disparpora, Zumrotun Rini mengatakan Kegiatan ini untuk mengawali festival kali elo 2018. “Event ini baru pertama kali ini kami adakan, Semoga ini memotivasi warga khususnya para operator arung jeram dan warga sekitar sungai elo, untuk memajukan dunia pariwisata khususnya wisata arung jeram,” katanya.

“Dan saya harapkan melalui bersih kali ini dapat mengingatkan warga sekitar untuk merawat sungai dengan tidak membuang sampah di sungai,” imbuhnya.

Dalam kegiatan kemarin, diikuti sekitar 120 orang terdiri dari perwakilan PAOJM, unit damkar dan SAR Kabupaten Magelang, DLH, Disparpora dan komunitas serta warga peduli sungai. Mereka diangkut menggunakan 15 perahu yang didalamnya dibawakan beberapa kantong sampah. Selanjutnya, mereka membersihkan sampah disungai dan mengangkutnya keatas untuk dibawa menggunakan motor roda tiga ke TPSA (Tempat Pembuangan Sampah Akhir) di Desa Pasuruhan.

Sementara Agus Siswanto, perwakilan DLH Kabupaten Magelang menambahkan bahwa kegiatan ini sebenarnya sudah sering kami lakukan. “Sebelumnya kami juga sudah membersihkan sampah di sungai elo ini pada Maret kemarin, saat memperingati hari sampah dunia. Hanya titiknya saja yang berbeda,” tambahnya.

Sedangkan dalam Festival Kali Elo 2018 ini akan dimeriahkan dengan parade perahu hias, ritual dan sedekah sungai, pentas kesenian rakyat dan Sendratari Maha Gelang pada Jumat (06/07/2018) malam di Halaman Touris Information Centre (TIC). Sedangkan untuk Sabtu (07/07/2018) ada parade kesenian tradisional , Parade band dan jazz night.

Untuk hari terakhir Minggu (8/7/2018) akan digelar magelang got talent, lomba foto dan lainnya. Dan direncanakan akan ditutup Minggu sore sekaligus mengumumkan pemenang lomba. (bsn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here