Asyik Balokondes Wringin Putih Ada Panahan Tradisional

0
116

BNews–BOROBUDUR– Berkunjung ke Balkondes Wringin Putih akan semakin menarik. Hal ini setelah dibukanya arena olahraga jemparingan. Olahraga panahan dengan alat tradisional ini melengkapi fasilitas yang dibangun oleh sinergi BUMN tersebut.
Mangku Prayitno, 59, mengatakan jemparingan ini merupakan olahraga panahan. Yang membedakan jemparingan terbuat dari bahan berupa bambu dan kayu.
Jenis hiburan ini, melengkapi Balkondes yang ada. Sebelumnya, balkondes hasil program BUMN ini sudah ada bangunan utama untuk pertemuan, kemudian dilengkapi dengan musala dan kamar mandi.
Menurutnya, latihan jemparingan di Wringinputih telah berlangsung sekitar sebulan intensif berlatih. Sedangkan konsep yang dibangun untuk menularkan jemparingan kepada warga masyarakat. “Terus terang tujuan kami untuk menularkan kepada warga masyarakat. Untuk nguri-uri budaya saja, kalau ada perlombaan kemudian menang itu hanya efeknya saja. Tapi terutama untuk nguri-uri kebudayaan,” ujar dia yang datang dari Yogyakarta bersama Agung Sumedi, itu.
  Salah satu peserta latihan, Yustri, 28, warga Wringinputih mengaku, ikut latihan dan nyoba-nyoba sudah seminggu. Kebetulan untuk kemarin ada pelatihnya dan berharap nantinya muncul srikandi-srikandi yang bisa jemparingan. “Kami berharap dari latihan jemparingan ini nantinya bisa memandu tamu yang berkunjung di Balkondes ini,” ujar dia.  (bn1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here