Bank Sampah Induk Didirikan Di Muntilan

0
195

BNews-MUNTILAN- Dalam Rangakain Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Magelang menyelenggarakan kegiatan launching Bank Sampah Muntilan dan Bank Sampah Induk Magelang di Lapangan Pemda Muntilan Sekaligus Halal Bihalal DLH Se-Kabupaten Magelang (11/7). Dihadiri Bupati Magelang Zaenal Arifin dan jajaran SKPD serta dari Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Tengah di wakili Kasi Pengeolaan Sampah dan Limbah B3 yakni Tri Astuti.
Disaksikan ratusan penggiat bank sampah Kabupaten Magelang Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Magelang Tri Agung menerangkan maksud dan tujuan acara ini yakni untuk lebih memberikan pengenalan dan pendidikan soal Bank Sampah dan Laboratorium Lingkuhan Hidup yang telah di dirikan oleh DLH Kabupaten Magelang.” Selain itu memperingati Hari Lingkungan Hidup dengan Tema Menyatu dengan Alam dan untuk pembinaan dan pengelolaan Bank Sampah atas dukungan pemerintahan Magelang bersama Persada Unilever, LSM YEU dan Yayasan Yakum,” katanya.
Sedangakn kepala DLH Provinsi Jawa Tengah melalui Kasi Kasi Pengeolaan Sampah dan Limbah B3 yakni Tri Astuti mengungkapkan terima kasih dan bangga dengan inisiasi Pemerintahan Daerah Magelang yang telah membentuk Bank Sampah Induk ini.” Semoga dengan adanya ini bisa mengelola dan menangani sampah yang selama ini memang belum mampu dikelola dengan baik,” ungkapnya dalam petikan sambutannya.


Peresmian yang dilakukan secara langsung oleh Bupati Magelang Zaenal Arifin dengan pengetukan pentongan ini disambut tepuk tangan meriah dari para hadirin. “ Sampah yang selama ini menjadi masalah kita bersama harus mampu kita control, dengan adanya Bank Sampah ini diharapkan managemen sirkulasi sampah dari segala tingkatan agar lebih menjadi daya tarikdan nilai ekonomis setelah di daur ulang,” ungkap Bupati Magelang kepada awak media.
“ Nantinya produk-produk daur ulang kelompok Bank Sampah ini akan terus di dukung oleh Dinas UMKM Kabupaten Magelang, sekaligus program Bank Bapas 69 yang mencanangkan program 1 juta UMKM di Magelang nantinya bisa mensuport kelompok-kelompok Bank Sampah ini sehingga hasil dari mereka juga bisa menjadi daya tarik wisatawan sendiri dengan kreatifitas mereka mengelola sampah,” pungkasnya. (BSN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here