Bawaslu Bakal Patroli Anti Money Politic Jelang Pencoblosan

0
32
PEMILU : Wakil Bupati Magelang Edi Cahyana didampingi Ketua Bawaslu Kabupaten Magelang M.Habib Sholeh dan tamu undangan lainnya saat sidak pasukan dan menyalami dalam acara Apel Siaga Patroli Anti Politik Uang di Sawitan (12/4)--(Foto-bsn)
PEMILU : Wakil Bupati Magelang Edi Cahyana didampingi Ketua Bawaslu Kabupaten Magelang M.Habib Sholeh dan tamu undangan lainnya saat sidak pasukan dan menyalami dalam acara Apel Siaga Patroli Anti Politik Uang di Sawitan (12/4)--(Foto-bsn)

BNews–MUNGKID– Ratusan perwalilan jajaran Bawaslu Kabupaten Magelang mengikuti Apel Patroli Anti Politik Uang di lapangan Drh.Soepardi Sawitan Kota Mungkid pagi tadi (12/4). Kegiatan ini diikuti seluruh Komisioner Panwascam, perwakilan Pengawas Desa dan Pengawas TPS se-Kabupaten Magelang.

Ketua Bawaslu Kabupaten Magelang M.Habib Sholeh dalam sambutannya menyampaikan ke seluruh jajaran unguk buka mata buka telingan terkait situasi di sekitar kalian. “Awasi potensi-potensi atau dugaan praktik money politik di sekitar wilayah kalian yang diawasi,” Katanya.

Disebutkan juga bahwa Bawaslu Kabupaten Magelang selama masa kampanye Pemilu 2019 mulai tanggal 23 September 2018 hingga 2019 sudah melalukan berbagai upaya pencegahan pelanggaran dan penindakan pelanggaran. “Sampai hari ini kami sudah berupaya melakukan pencegahan pelanggaran sebanyak 5000 kali, dan penertiban Alat Peraga Kampanye melanggar sebanyak 3078 APK, hal ini demi mengsukseskan Pemilu 2019,” Imbuhnya.

Sementara untuk penindakan pelanggaran admimistrasi, Bawaslu Kabupaten Magelang menangani sebanyak satu kasus dan terbukti dan sudah diberikan surat peringatan tertulis. “Kami juga melakukan penindakan pelanggaran pidana sebanyak tiga kasus, dan pelanggaran undang-undang lainnya sebangyak lima kasus yakni seorang Kepala Desa, ASN di Salaman, dan perangkat desa di Secang dan Dukun,” Paparnya.

Habib juga menambahkan bahwa pihaknya saat ini sedang menangani dugaan terjadinya Black Campaign di wilayah Tegalrejo dan Srumbung. “Masa kampanye tinggal dua hari sebelum memasuki hari tenang pada tanggal 14-16 April 2019, potensi pelanggaran masih mungkin terjadi,” Tambahnya.

“Saya tegasnya kepada seluruh jajaran Bawaslu Kabupaten Magelang mulai tingkat Panwascam, Pengawas Desa xan Pengawas TPS untuk senantiasa mengawasi, mencegah dan mendokumentasikan dalam bentuk foto maupun video jika terjadi dugaan pelanggaran,” Pungkasnya.

Dalam kegiatan tersebut turut hadir tamu undangan jajaran Forkompinda Kabupaten Magelang. Mulai dari wakil Bupati Magelang Edi Cahyana, Waka Polres Magelang Kompol Eko Mardiyanto, dan perwakilan dari Kodim Magelang.

Wakil Buparti Magelang,Edi Cahyana memberikan motivasi dan pesan kepada jajaran Bawaslu Kabupaten Magelang saat melakukan sidak pasukan sambil menyalaminya. “Pengawas tetap harus netral dalam pelaksaan Pemilu 2019,” Ungkapnya. (bsn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.