Bawaslu : Terima Money Politic Hukumnya Haram

0
286
EVENT : Rangkaian acara CFD Sawitan oleh Bawaslu Kabupaten Magelang diisi berbagai kegiatan salah satunya senam massal (10/3)--(Foto--Magang 1)
EVENT : Rangkaian acara CFD Sawitan oleh Bawaslu Kabupaten Magelang diisi berbagai kegiatan salah satunya senam massal (10/3)--(Foto--Magang 1)

BNews—KOTA MUNGKID— Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Magelang bersama PWI Kabupaten Magelang, Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo) dan masyarakat sepakat menolak politik Uang. Deklarasi Tolak Politik Uang, Kampanye Hitam dan Politisasi Sara untuk Pemilu Serentak 2019 digelar di Lapangan drh Soepardi, Kota Mungkid, Minggu (10/3).

 

Ketua Bawaslu Kabupaten Magelang, M Habib Saleh mengajak seluruh elemen masyarakat bersama-sama mengawasi pemilu 2019 agar tidak terjadi pelanggaran. Seperti menolak hoaks, money politik, kampanye hitam dan politisasi SARA.

 

”Yang sepakat silakan mendaftarkan Keluarga Anti Money Politik Bawaslu Kabupaten Magelang karena yang memberi dan menerima secara agama hukumnya haram dan sama-sama berdosa,” ujar Habib dalam sambutan, Minggu (10/3).

 

Penjabat Sekretaris Daerah (Pj Sekda) Kabupaten Magelang, Adi Waryanto menuturkan, masyarakat harus bersikap bijak dan dewasa dalam menyongsong pesta demokrasi. Melalui kegiatan Car Free Day (CFD), ia berpesan untuk menjaga setiap tahapan pemilu yang tertib, damai, aman.

 

Selain itu jangan sampai terjadi tindak kekerasan yang bertentangan dengan norma agama, sosial, hukum, perundang-undangan serta etika bermasyarakat berbangsa dan bernegara. ”Kedepankan kedewasaan kita dalam berpolitik karena dengan sikap ini kedamaian dan ketentraman sebagai warga Magelang tetap terjaga,” tuturnya.

 

Ratusan pengunjung nampak antusias meramaikan acara sejak pukul 06.00 WIB. Salah satu pengunjung, Erni mengatakan kegiatan dengan tema Anti Berita Bohong menjadi salah satu wujud persatuan dan kesatuan dalam menolak beredarnya berita hoax.

 

“Mulai sekarang kita harus saring informasi sebelum sharing. Semoga kita dapat mengurangi bahkan menghilangkan berita bohong yang cenderung menyesatkan,” ucap Erni.

 

Selain deklarasi, kegiatan tersebut juga dimeriahkan dengan kegiatan seperti drum band, kesenian tradisional, senam bersama dan bazar Usaha Mikro Kecil Menengah. (magang1/han)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here