Begini Kerennya Peringatan Hari Santri di Secang

0
92
HSN : Kreatifitas para santri di Payaman Secang dalam rangka HSN 2018 (22/10)--(Foto--Istimewa)
HSN : Kreatifitas para santri di Payaman Secang dalam rangka HSN 2018 (22/10)--(Foto--Istimewa)

BNews–SECANG—Hari Santri Nasional juga di peringati di berbagai wilayah Kabupaten Magelang siang tadi (22/10). Salah satunya di wilayah Payaman Kecamatan Secang Kabupaten Magelang dimana peringakatan HSN cukup meriah dan kreatif di Lapangan Desa Selamet.

 

 

Acara dihadiri oleh para Tokoh masyarakat dan Ulama’ bersama ribuan santri dari perwakilan masing – masing pondok pesantren dan madrasah di Kecamatan Secang. Mereka tampak antusias mengikuti apel dan kirab santri tersebut.

 

HSN :Korea bertuliskan NU diperagakan para santri di Payaman Secang pagi tadi (22/10)--(Foto--Istimewa)
HSN :Korea bertuliskan NU diperagakan para santri di Payaman Secang pagi tadi (22/10)–(Foto–Istimewa)

 

Hasanudin, selaku coordinator acara mengungkapkan bahwa peringatan apel akbar hari santri ini diikuti sekitar dua ribu santri se-Payaman dan dikoordinir oleh IPNU – IPPNU Ranting Payaman.”Sebelum peserta apel dibubarkan kegiatan peringatan hari santri nasional ini diramaikan dengan pertunjukan koreografi santri, Tarian santri yang diperagakan ileh kurang lebih 300 santri dari Pondok Pesantren Sirojul Mukhlasin 2,” katanya.

 

Para santri tampak mengenakan kostum khusus dan memanfaatkan kertas berwarna merah – putih, ratusan santri tersebut menampilkan beberapa model koreografi, diantaranya membentuk bendera merah putih, tulisan NU, dan NKRI. Tidak ketinggalan, pasukan pembawa bendera merah putih dan bendera NU pun menambah ramai tarian tersebut.

 

HSN: Koreo bendera merah putih oleh para santri di payaman secang (22/10)--(Foto--Istimewa)
HSN: Koreo bendera merah putih oleh para santri di payaman secang (22/10)–(Foto–Istimewa)

 

“Jadi tujuan umum penyelenggaraan peringatan hari santri ini ada tiga, sesuai dengan jenis acaranya. Lomba bertajuk islami seperti membaca kitab kuning, qiro’ah, dan lain – lain bertujuan untuk meningkatkan semangat santri dalam tholabul ilmi. Kirab santri ya untuk menjaga budaya. Sedangkan apel santri bertujuan untuk meningkatkan rasa cinta tanah air dan menjalin kesatuan dan kebersamaan dalam menjaga NKRI,” lanjut Hasanudin.

 

“Dalam acara tersebut diakhiri dengan kegiatan ziarah ke salah satu makam waliyullah Payaman, KH. Siradj atau yang sering dikenal dengan sebutan Simbah Romo Agung,”pungkasnya.(bsn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here