Begini Keseruan Ngopi Bareng Ganjar di Candirejo Borobudur

0
144
SERU : GUbernur Ganjar Pranowo saat ikut menari bersama di acara Ngopi Bareng Ganjar di Balkondes Candirejo Borobudur, kemarin siang (Foto : borobudurnews)

BNews—BOROBUDUR– Acara Ngopi Bareng Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo di Balkondes Candirejo, Borobudur menjadi ajang dialog terbuka bagi Pegiat Pariwisata se-Kabupaten Magelang. Bergaya lesehan namun santai, Ganjar yang dikerubungi warga setempat berdiskusi bertema membongkar poteni desa, Jumat (9/2).

 

Sesaat setelah sampai pendopo, Ganjar langsung disuguhi tarian Wulan Sunu Limas Ayu Candi Agra.Gerak gemulai dan rancak yang dibawakan para pemain membuat Ganjar turut berbaur. Anak-anak kecil juga ikut menari satu panggung.

 

Tarian tersebut diyakini masyarakat usianya lebih tua dari kesenian Kubro dan Jathilan. Ganjar mengaku bangga bila masih ada produk kesenian lokal yang masih sanggup lestari hingga kini. Bila dikelola dengan apik ada potesi besar untuk menarik wisatawan datang ke Desa Candirejo

 

Dalam acara ngopi bareng itu, Ganjar menyinggung, Borobudur memiliki potensi ekonomi yang luar biasa. Selain budidaya lebah madu, bisnis homestay juga mampu mengangkat pariwisata lokal.

 

Seperti Wijarso, salah satu petani lebah madu asal Borobudur mengaku mampu meraup jutaan rupiah sekali panen. Dia berharap Ganjar mau membantu mempromosikan madunya.

 

Acara ngopi bareng tersebut berlangsung cukup santai. Ganjar beberapa kali terlibat obrolan lucu bersama ratusan warga yang hadir.

 

Ketua DPRD Kabupaten Magelang Saryan Adi Yanto yang turut mendampingi acara tersebut mengharapkan supaya potensi dan kearifan lokal di Borobudur terus dijaga. Di tengah arus investasi yang dimungkikan akan terus berkembang pesat. “Terutama setelah Badan Otorita Borobudur diluncurkan,” papar dia. (han/bn1)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here