Begini Penampakan Udara Lokasi Bekas Banjir Bandang

0
76

BNews-GRABAG– Proses rehabilitasi rekonstruksi bencana banjir bandang di Desa Sambungrejo dan Citrosono Kecamatan Grabag Kabupaten Magelang sepertinya bakal membutuhkan waktu lama.
    Pantauan borobudurnews com melalui udara kerusakan akibat banjir bandang tersebut cukup parah. Sebuah aliran sungai baru terbentuk membentang di sepanjang dua desa tersebut. Jalan rusak dan bahkan hilang.

    Kepala Desa Sambungrejo Muh Fadil mengatakan bendungan alam itu terbuat dari longsoran bukit sokorini. Saat hujan air tertampung disana. “Longsoran itu juga menutup selokan kecil di ujung desa,” katanya.

Bendungan yang terbuat secara alami itu kemudian jebol setelah tidak mampu menampung air saat intensifas hujan tinggi. “Sehingga air hujan yang harusnya mengalir tertahan diatas cukup banyak menjadi sebuah pening kemudian jebol,” kata Muh Fadil.
Banjir kemudian menerjang lima dusun di dua desa yakni Sambungrejo dan Citrosono Kecamatan Grabag. Delapan rumah hilang dan 52 lainnya rusak.
Badan Penggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupetan Magelang juga mengamini penyebab banjir bandang itu. Menurut Kepala BPBD Edy Susanto, bencana banjir bandang dipicu oleh hujan yang sangat deras mengguyur kawasan perbukitan di kaki pegunungan Andong dan Telomoyo itu beberapa hari terakhir.
“Bendungan dari meterial longsor itu kemudian terisi oleh air hujan secara terus menerus, volume air meningkat, dan puncaknya Sabtu sore kemarin bendungan itu tidak sanggup menahan air hingga akhirnya jebol, jadilah banjir bandang,” ucap dia.
Banjir itu, katanya, kemudian menghancurkan apapun yang dilewatinya. bahkan bangunan rumah bisa rata dengan tanah. Sebab, material banjir yang terbawa berupa batu-batu besar, lumpur, sampai belasan kayu batang pohon. “Batuan ada yang mencapai ukuran diameter 3 meter,” paparnya.
Menurutnya, aliran banjir terpecah sampai tiga aliran, kejauhannya mencapai 3-4 kilometer dari titik awal. “Menghancurkan apapun yang dilewatinya,” imbuh Edi. (bsn/bn1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here