Bersihkan Bendungan, Warga Mungkid Temukan Mortir

0
83
SEREM: Inilah Bendungan dimana warga Mungkid menemukan dua buah mortir aktif (3/11)--(Foto--Istimewa)
SEREM: Inilah Bendungan dimana warga Mungkid menemukan dua buah mortir aktif (3/11)--(Foto--Istimewa)

BNews—MUNGKID—Warga Dusun Tiban, Desa Bumirejo, Kecamatan Mungkid, kabupaten Magelang dikejutkan dengan penemuan benda mirip mortir, Sabtu (3/11). Mortir yang diketahui berjenis LR (launcher Rocket) 60 Komando ini tidak sengaja ditemukan warga saat membersihkan bendungan Sungai Kaligung.

Penemuan tersebut bermula saat saksi yang tak lain penemu mortir, Abdul Karim, 48, bersama kelompok tani sedang melaksanakan pembersihan bendungan Kaligung. Tiba-tiba, cangkulnya membentur benda keras.

”Saya mengira itu batu dan saat digali lebih dalam ternyata itu bentuknya mirip mortir,” ungkap Karim warga Dusun Giyasan 01/06, Desa Giyasan, Kecamatan Mungkid kepada petugas Polsek Mungkid Polres Magelang.

Karim mengaku, mortir tersebut diangkat kemudian ditaruh di bantaran sungai sebelah timur. Selang jarak 0,5 meter dari lokasi penemuan pertama, dirinya kembali mencangkul namun lagi-lagi menemukan benda mirip mortir.

” Mortir terpendam lumpur di kedalaman sekitar 2 meter,” imbuhnya.

Penemuan tersebut lantas dilaporkan ke Kadus Tiban, Sumaidi, 45, yang saat itu ikut melaksanakan normalisasi sungai. Untuk menghindari hal yang tak diinginkan, Sumaidi kemudian melapor penemuan tersebut ke Polsek Mungkid.

Usai mendapat laporan, Kapolsek Mungkid AKP Supriyono dan anggota langsung mendatangi lokasi penemuan untuk melakukan pengecekan. Supriyono membenarkan bila warga telah menemukan dua buah mortir jenis LR 60 Komando.

”Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, kami langsung memasang garis polisi dan menghubungi Polres Magelang untuk olah TKP dan evakuasi mortir,” terang Supriyono.

Dari pengamatan borobudurnews.com di lapangan, setelah dilakukan olah TKP, mortir diamankan ke Mapolres Magelang bagian Senjata Api dan Bahan Peledak (Sendak). (han/bsn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here