BNPB Gelar Simulasi Pengamanan Borobudur Saat Erupsi

0
108
ERUPSI : Sesi foto bersamaBNPB, BPBD Kabupaten Magelang dan peserta setelah acara pembukaan kegiatan (25/9)--(Foto--Istimewa)
ERUPSI : Sesi foto bersamaBNPB, BPBD Kabupaten Magelang dan peserta setelah acara pembukaan kegiatan (25/9)--(Foto--Istimewa)

BNews—MAGELANG— Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) menggelar simulasi erupsi merapi di Kabupaten Magelang. Bertempat di Hotel Atria Magelang acara pembukaan dihadiri Kepala Pusdiklat BNPB, Agus Wibowo dan didampingi Kalak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang Edy Susanto kemarin (25/9).

 

Hal ini berguna untuk mengurangi resiko terjadinya bencana alam, utamanya di wilayah Kabupaten Magelang.”Kegiatan ini nantiknya merupakan pelatihan atau simulasi dengan tujuan utamanya untuk mendukung program pengembangan pariwisata pemerintah,” ungkap Agus Wibowo.

 

Perlu diketahui bahwa pemerintah menetapkan 4 skala top prioritas untuk program nasionalnya. “ Yang pertama yakni destinasi pariwisata di Indonesia yakni Borobudur, Toba, Mandalika, dan Pelabuhan Bajo. Namun demikian, karena ada keterbatasan anggaran, maka kita hanya melakukan kegiatan tersebut di tiga tempat, yakni Borobudur, Toba, dan Mandalika,” imbuhnya.

 

“Kenapa BNPB melaksanakan kegiatan ini di Kabupaten Magelang untuk mempersiapkan bagaimana menangani jika terjadi erupsi Merapi dan dampaknya pada pariwisata di Kabupaten Magelang, yakni utamanya pada Candi Borobudur. Dimana pariwisata harus tetap merasa nyaman dan aman,” paparnya.

 

Sementara Kalak BPBD Kabupaten Magelang Edi Susanto, mengatakan, untuk erupsi Gunung Merapi, pihaknya sudah memiliki dokumen kontigensi terkait erupsi tersebut. “Walaupun sudah kami siapkan semuanya, simulasi tetap kami butuhkan untuk mempraktekan semua rencana tersebut agar nanti dapat mengevaluasi bagian-bagian yang mungkid harus dibenahi,” katanya.

 

Menurut Edi, Keberadaan Candi Borobudur merupakan salah satu simpul ekonomi di wilayah Kabupaten Magelang. Sehingga mau tidak mau harus mampu menghadirkan rasa nyaman dan aman kepada wisatawan yang datang. “Dengan kegiatan yang diselenggarakan BNPB ini kami sambut dengan antusias agar masyarakat di kawasan Borobudur besoknya juga siap dan mampu menghadapi erupsi merapi yang akan berpengaruh juga,” pungkasnya. (bsn)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here