Bocor Candi Mendut Digelontor Ratusan Juta

0
166
       BNews MAGELANG — Candi Mendut di Kecamatan Mungkid Kabupaten Magelang mengalami kebocoran yang cukup parah. Untuk mengatasi persoalan itu Rp 177 juta digelontorkan ke candi Buddha tertua itu.
       Kepala BKB Marsis Sutopo mengatakan, selama 60 hari kedepan Candi Mendut tengah diperbaiki. kebocoran dimungkinkan terjadi karena jarak antar batu pada atap sudah mengalami pengelupasan. Sehingga, BKB melakukan perbaikan agar tidak bocor. 
        “Kalo bocor akan ada air yang masuk melalui atas. Hal ini mengakibatkan faktor kerusakan dibagian tubuh candi yang lain,” ujar Marsis, siang tadi. 
        Menurutnya, dengan air kebocoran itu, area dalam cndi manjadi lembab. Sehingga, memicu tumbuhnya lumut pada kerak candi. “Dengan upaya perbaikan atap candi ini kita akan menghentikan rembesan air yang masuk,” katanya.
       Dia mengatakan selama pekerjaan berlangsung, Candi Mendut tetap dibuka. Wisatawan boleh masuk sehingga mereka bisa tahu upaya perbaikan yang tengah kami lakukan. “Bisa saja ini sebagai atraksi wisata pendidikan. Yang pada prinsipnya wisatawan itu tahu bahwa Candi Mendut tetap dipelihara sesuai dengan standar pemeliharaan wisatawan dunia,” jelasnya. 
           Pada awal minggu ini, proses pengerjaan adalah menyiapkan perancahnya terlebih dulu untuk persiapan perbaikan selama dua bulan kedepan. “Secara teknis, jarak antar batu  dibenahi oleh tenaga lokal. Jika memang sudah tidak berfungsi maksimal, maka nantinya bagian atap candi akan ditutup dengan bahan mortar,” kata dia.
        “Sehingga musim penghujan besok bisa  sudah selesai diperbaiki. Pengunjung pun akan menjadi nyaman kembali,” lanjut dia. (ie)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here