Bupati Roadshow Wayangan 21 Kecamatan

0
574
WAYANG KULIT : Bupati Roadshow Wayangan 21 Kecamatan bersama PEPADI (23/11)-- (Foto--bsn)
WAYANG KULIT : Bupati Roadshow Wayangan 21 Kecamatan bersama PEPADI (23/11)-- (Foto--bsn)

BNews—MUNTILAN— Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang menggelar pentas wayang kulit semalam suntuk di 21 Kecamatan di Magelang. Hal ini guna mengaktualisasi pelestarian budaya oleh Pemda Magelang.

 

Pagelaran wayang kulit ini berkerja sama dengan dalang lokal Magelang yang tergabung dalam PEPADI Kabupaten Magelang.”Wayang kulit ini merupakan tinggal sejarah yang menhandung nilai luhur yang harus dilestarikan,” ungkap Bupati Magelang Zaenal Arifin dalam pembukaan road show wayang kulit di Desa Blongkeng Kecamatan Ngluwar (23/11).

“Pentas wayang kulit  juga memiliki makna yang luar biasa tentang ajaran jati diri yang luhur yang saat ini mulai terkikis,” imbuhnya.

Kehadiran wayang di era global seperti sekarang ini guna menangkal ajaran atau aliran dari luar yang kurang relevan dengan nilai nilai luhur bangsa kita.”Selain untuk menguri-uri budaya jawa tentunya ini sebagai bentuk kepedulian kita terhadap warisan budaya adiluhung dari nenek moyang kita yang telah diakui Badan Kebudayaan Dunia UNESCO pada tahun 2003,”terangnya.

Wayang adalah salah satu seni-budaya daerah yang sarat dengan pesan moral dan pitutur luhur serta perlambang akan berbagai tingkah laku dalam kehidupan masyarakat.”Melalui wayang kulit yang dipentaskan secara bergilir ini akan menumbuhkan rasa cinta kepada masyarakat terhadap budaya kita ini,” ujar Bupati.

“Nantinya para dalang di Kabupaten Magelang dapat menyisipkan pesan-pesan moral, pembangunan, sekaligus memotivasi masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam setiap pelaksanaan program pembangunan, sehingga seluruh kebijakan Pemerintah Kabupaten Magelang dapat terinformasikan, sehingga mendapatkan dukungan positif secara luas dari masyarakat dari tiap tiap kecamatan ,”pungkasnya. (bsn)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here