Catat Ini Desa Desa di Magelang yang Bakal Dilewati Jalur Tol

0
2342
BENNER : Inimerupakan benner dasar untuk memberikan tanggapan danmasukan kepada Dinas Lingkungan Hidup untuk masyarakat khususnya warga desa yang wilayahnya akan terlintasi rencana pembanguan jalan tol ini (4/12)--(Foto--istimewa)
BENNER : Inimerupakan benner dasar untuk memberikan tanggapan danmasukan kepada Dinas Lingkungan Hidup untuk masyarakat khususnya warga desa yang wilayahnya akan terlintasi rencana pembanguan jalan tol ini (4/12)--(Foto--istimewa)

BNews—MUNGKID— Rencana pembangunan jalan tol Yogyakrta-Bawen akan melintasi beberapa Desa desa di wilayah Magelang. Namun hal ini masih dikaji dan membuka kesempatan kepada seluruh masyarakat untuk memberikan saran,pendapat dan masukan.

 

Dalam menerapkan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup No 17 Tahun 2012 tentang Pedoman Keterlibatan Masyarakat Dalam Proses Analisis Dampak Lingkungan Hidup Dan Izin Lingkungan kesempatan ini dibuka. Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP)  mengharapkan tanggapan dan  masukan masyarakat dalam proses penyusunan AMDAL selanjutnya.

“Kami memberi kesempatan dan berharap kepada seluruh masyarakat untuk memberi tanggapan dan masukannya teritung 10 hari dari pengumuman ini dikeluarkan pada tanggal 4 Desember 2017 ,” ungkap ujar KPPIP Bagian Instansi Pengerjaan Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL), Indra Gautama (4/12).

Masyarakat bisa memberikan masukan melalui Dinas Lingkungkan Hidup Kabupaten Semarang, Kabupaten Temanggung, Kabupaten Magelang, Kota Magelang dan Kabupaten Sleman.”Silahkan berikan tanggapan dan masukannya melalui dinas tersebut di tiga kabupatendan satu kota tersebut,”imbuhnya.

 

Pada kesempatan pertemuan rencana pembangunan tersebut kemarin bertujuan antara lain, agar masyarakat mendapatkan informasi mengenai rencana usaha atau kegiatan yang berdampak penting terhadap lingkungan(4/12). Untuk beberapa Desa di delapan kecamatan di Kabupaten Magelang akan terkena dampak rencana pembangunan jalan tol ini.

 

Di Kecamatan Ngluwar, ada tujuh desa terdampak yakni Bligo, Pakunden, Karang Talun, Ngluwar, Jamuskauman, Plosogede, dan Blongkeng. Dan di Kecamatan Muntilan meliputi Sriwedari, Sukorini, Congkrang, Adikarto, Tanjung.

Untuk Kecamatan Mungkid mencakup Progowati, Mendut, Rambeanak, Paremono, Bumirejo, Ambartawang, Blondo, dan Senden. Sedangkan Di Kecamatan Borobudur, ada Wanurejo dan Borobudur.

Untuk Kecamatan Candimulyo meliputi Tampirkulon, Podosoko, Tempak, Sidomulyo, dan Mejing. Serta Kecamatan Tegalrejo mencakup Tampingan, Banyuurip, Purwosari, Glagahombo, dan Purwodadi.

Untuk sisi utara di Kecamatan Secang ada Candiretno, Pancuranmas, Madusari, Candisari, Donorojo, dan Karangkajen. Adapun Grabag meliputi Kalikuto, Banyusari, Kartoharjo, Sidohede, Kalipucang, dan Losari.(bsn)

Baca Juga :

TANGGAPAN WAKIL BUPATI MAGELANG SOAL RENCANA PEMBANGUNAN JALAN TOL

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here