Cegah Bencana, Relawan Tanam 10 Ribu Pohon di Kawasan Merapi

PEDULI : Relawan bersama TNI Polri menggelar penanaman di Lereng Gunung Merapi dalam rangka Hari Bumi, kemarin. (foto : istimewa)

BNews—SRUMBUNG— Ratusan relawan dari berbagai daerah menggelar aksi tanam pohon di daerah tangkapan air Gunung Merapi Desa Kemiren Kecamatan Srumbung Kabupaten Magelang, kemarin. Sedikitnya ada 10 ribu pohon yang ditanam.

Koordiantor Acara Jatmiko Merbabu mengatakan aksi tanam 10 ribu pohon ini bertujuan untuk mengkampanyekan kesadaran masyarakat terhadap lingkungan. Juga untuk menjaga ekosistem kawasan Gunung Merapi.

“Alhamdulilah hari ini kita tanam 10 ribu pohon di kawasan tangkap air Gunung Merapi diharapkan pohon-pohon ini akan tumbuh menjulang ke atas dan memberikan dampak positif bagi masyarakat dan lingkungan,” papar dia.

Selain itu, kata dia, keberadaan pohon ini diharapkan mampu mengurangi dampak bencana. Diantaranya bencana tanah longsor dan juga kekeringan.

Menurutnya, isu pemanasan global saat ini masih belum tersentuh hingga seluruh lapisan masyarakat. Sehingga, kata dia, dengan penanaman pohon pihaknya ingin mengkampanyekan gerakan menanam di seluruh lapisan masyarakat.

Dalam kesempatan itu pula hadir Kapolres Magelang AKBP Yudianto Adi Nugroho. Kapolrse menyatakan dukungannya terhadap gerakan lingkungan seperti yang dilakukan gabungan relawan tersebut.

Aksi tanam pohon sendiri berlangsung cukup meriah. Ratusan relawan hadir dari berbagai daerah seperti Klaten, Jogja, Solo, Temanggung, Salatiga dan Wonosobo.


Beberapa komunitas relawan Magelang juga turut hadir. Diantaranya KTH Randu Ijo dan Jurang Jero, LSC, Jurang Jero Asri, Semut Geni, Saka Resque, Sarda Jateng, Solotigo Peduli, Sigap Merapi,Komunitas Sirahan Bangkit, Guruh Merapi danlain sebagainya. (bn1)

error: Content is protected !!