Diluncurkan !!! Desa WIsata Banyubiru Dukun

0
571

BNews–DUKUN– Satu lagi Desa Wisata hadir di Kabupaten Magelang. Hari ini (23/5) Pencanangan Desa Wisata Banyubiru Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang  dilakukan. Desa pemilik wisata alam Bukit Gununggono dan aneka UMKM khas ini resmi jadi desa tujuan wisata.

Acara yang di hadiri Bupati Magelang beserta jajaran skpd, Forkompincam dan Paguyupan Kepala Desa se Kecamatan Dukun ini di mulai pukul 13.30 wib. Desa Wisata yang di tetapkan dengan SK Bupati ini merupakan yang pertama kali Desa Wisata yang ber SK di Kecamatan Dukun.

Wintoro Kepala Desa Banyubiru menerangkan ini memang geliat semangat masyarakat Banyubiru sendiri, secara swadaya mengembangkan wisata di Desa Banyubiru.  “Wisata Bukit Gununggono ini akan fokus di wisata edukasi, mulai dari alam, religi, dolanan anak, gunung merapi, situs peninggalan sejarah dan view pemandangan gunung merapi dan merbabu,” katanya.

Wisata ini nantinya akan di padukan dengan paket paket wisata yang di buat oleh Pokdarwisa (Kelompok Sadar Wisata) Desa Banyubiru dengan mengintregasikan dengan UMKM masyarakat Banyubiru.

“Saya berharap kedepannya Desa Wisata ini mampun meningkatkan perekonomian masyarakat Banyubiru dan ADD Desa karena ini akan di kelola di bawah BUMDes”, harapnya.

Sekcam Kecamatan Dukun Bambang Hermanto mengatakan nantinya Desa Wisata Banyubiru ini menjadi percontohan Desa lain, karena masih banyak potensi potensi di Desa lain di Kecamatan Dukun. ” Nantinya kita akan mengintregasi Desa Desa Wisata yang ada di Kecamatan Dukun menjadi paket khusus wisata kecamatan Dukun mulai dari wisata alam, religi, sejarah, Seni dan Budaya,” katanya.

“Saya juga menghimbau nantinya penggiat wisata dari desa desa bisa membentuk kelompok wisata kecamatan Dukun, dan saya persilahkan untuk menggunakan salah satu ruangan di Kantor Kecamatan Dukun untuk menjadi base came atau tim cyebernya,” pungkasnya. (Bsn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here