Dua Puskesmas di Magelang Beralih Jadi RSU Tipe D

0
97
KESEHATAN: Jajaran Puskesmas Salaman 1 saat foto bersama dan kini berubah menjadi RSU Tipe D (Foto--Internet)
KESEHATAN: Jajaran Puskesmas Salaman 1 saat foto bersama dan kini berubah menjadi RSU Tipe D (Foto--Internet)

BNews—MUNGKID— Pemerintah Kabupaten Magelang akan menambah jumlah rumah sakit di wilayahnya. Setelah akan diselesaikannya bangunan RSUD baru di Blondo Kecamatan Mungkid, dua puskesmas di wilayahnya akan naik status jadi RSU kelas D.

 

Hal itu diungkapkan oleh Bupati Magelang Zaenal Arifin SIP, kemarin. Menurutnya, dua puskesmas yang akan meningkat statusnya adalah Puskesmas Salaman I dan Puskesmas Grabag I.

 

Bupati Magelang mengatakan kesiapan alih fungsi Puskesmas tersebut sudah dilakukan. Mulai dari pengurusan ijin, kesiapan gedung dan peningkatan SDM serta penyusunan perda. “Untuk Puskesmas Salaman telah dianggarkan penambahan sarpras senilai Rp 1,5 miliar dan dana operasional Rp 3 miliar.

 

Sedangkan untuk Puskesmas Grabag dilakukan perluasan lahan seluas 3.634 M2 dengan nilai Rp 2,2 miliar. Kemudian akan dilakukan penyusunan master plan dan DED di tahun depan. “Untuk Puskesmas Grabag rencananya akan siap di tahun 2020,” papar dia.

 

Menurutnya, kebutuhan tenaga medis pada RSU untuk setiap kelas telah ditentukan standarnya dengan Permenkes Nomor 56 Tahun 2014 tentang Klasifikasi dan Perizinan Rumah Sakit. Adapun opsi pemenuhan tenaga medis untuk mendukung operasional RSU Kelas D adalah melalui rekalkulasi dan redistribusi tenaga medis yang ada. (bn1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here