Festival Lima Gunung Siap Digelar Di Lereng Merbabu

0
85

BNews-PAKIS- Event tahunan yang kental dengan adat budaya jawa dan pertunjukan kesenian siap di gelar meriah di lereng Gunung Merbabu. Festival Lima Gunung yang ke-16 siap digelar pada tanggal 28-30 Juli 2017 di Dusun Gejayan, Desa Banyusidi, Kecamatan Pakis Kabupaten Magelang.
Berbagai persiapan seperti ornament hiasan, panggung hiburan dan penginapan di rumah rumah warga bagi pengisis hiburan ataupun masyarakat yang berasal dari jauh. Festival Lima Gunung yang menggambarkan bahwa di Magelang ini ada lima gunung yang berdiri kokoh yakni Merbabu, Merapi, Sumbing, Andong, dan Menoreh.
Riyadi,16 Panitia local menjelaskan bahwa acara tersebut sudah menjadi agenda tahunan, dan yang ke 16 ini di selenggarakan di lereng gunung merbabu.” Tujuan utama acara ini selain menglestarikan budaya jawa juga sebagai silaturahmi serta memberikan wadah bagi para seniman di Magelang,” katanya.
Acara tahunan yang sering juga di isi oleh para seniman dari luar daerah bahkan luar pulau. Untuk kali ini beberapa seniman dari Kalimantan Tengah, Nusa Tenggara Timur, Jawa Barat dan lain sebagainya akan ikut memeriahkan acara ini. Tentunya para warga sekitar antusian menyambut event besar tahunan ini dengan segala persiapan dengan suka rela dan gotong royong.
“ Jangan bicara soal dana karena sponsor utama kami adalah alam, jadi masyarakat disini yang notabanenya berkerja sebagai petani kami mengandalkan adat kebiasaan kami yang masih kuat dan kental yakni gotong royong untuk menyambut dan memeriahkan acara yang berlangsung selama 3 hari ini,” ungkapnya.
Untuk acara pembukaan nantinya akan di gelar pengajian Akbar dan peresmian Masjid disini dengan pembicara Kyai.H. Yusuf Chundori yang merupakan pengasung Pondok Pensantren API Tegalrejo Magelang. Selanjutnya akan diisi berbagai macam pertunjukan seni klasik maupun semi modern yang tentunya akan memanjakan mata dan hati para pengunjung.

“ Tidak usah ragu dan sungkan bagi para pengunjung dari luar kota ataupun yang jauh dari sini, kami siapkan penginapan di rumah rumah warga, dan saya pastikan pengunjung akan meningkat dari tahun-tahun kemarin karena mulai saat ini sudah banyak yang memesan penginapan,” ungkap Endah Pertiwi salah satu panitia yang mengeloa Home Stay. (BSN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here