Gandeng Anak Muda Panwaskab Ajak Awasi Pemilu

0
417
PEMILU 2018 : Panwaskab Magelang mendeklarasikan Pilkada Damai, Berkeadilan dan Berintegritas bersama Pemilih Muda yang notabanenya anak muda di Candi Borobudur (13/11)-- ( Foto--bsn)
PEMILU 2018 : Panwaskab Magelang mendeklarasikan Pilkada Damai, Berkeadilan dan Berintegritas bersama Pemilih Muda yang notabanenya anak muda di Candi Borobudur (13/11)-- ( Foto--bsn)

BNews-BOROBUDUR—Panwaskab Magelang mengajak pemilih pemula untuk berpartisipasi mengawasi Pemilu 2018. Sebanyak 71 Siswa Siswi dan Mahasiswa notabanenya anak muda mengikuti Fokus Groub Diskusi di Manohara Hotel hari ini (13/11).

 

Hadir dalam FGD ini sebagai nara sumber mantan ketua Bawaslu RI Bambang Cahya Eka Widodo, Redaktur Pelaksan Suara Merdeka Hartono, dan Ketua Panwaskab Magelang M.Habib Saleh. FGD kali ini mengangkat tema Pengawasan Pemilu Partisipatif dan Deklarasi Pemilu Damai oleh pemilih muda.

Mantan Ketua Bawaslu RI Bambang Cahya Eka Widodo menerangkan bahwa pemilih pemula ini memang menjadi sebuah sasara strategis karena memang belum punya pengalaman maupun ilmu soal politik.”Namun dari semua itu mereka lebih antusias untuk mengikuti pengalaman pemilu atau politik,” katanya.

“Mereka yang notabanenya anak muda masih sangat mudah dipengaruhi maka dari itu untuk menjaga dari pengaruh yang bisa dikatakan tidak benar, mereka kita tanamkan kesadaran-kesadaran yang cukup sehingga tidak terombang ambingkan saat pemilu,” imbuhnya.

“Kita juga ajak mereka untuk berpartisipatif dalam pengawasan pemilu menurut model mereka,” imbuhya.

“Kita juga sampaikan bahwa peran Bawaslu sendiri sekaang bertambah yakni tentang penanganan perkara tidak hanya pencegahan dan pengawasan proses pemilu saja sesuai UU no 7 tahun 2017,” terangnya.

Ketua Panwaskab Magelang M.Habib Saleh menjelaskan bahwa pemilih muda ini kita ajak berpartisipasi dalam pengawasan pemilu ala model mereka.”Mulai dari sosialisasi dan ikut serta melaporkan jika ada dugaan pelanggaran pemilu yang kerap terjadi seperti kampanye hitam atau money politik meggunakan alat canggih mereka yang setiap hari digunakan yakni samrtphone,” katanya.

Mereka juga bisa memanfaatkan social media untuk membantu sosialisasi soal pengawasan pemilu dan aturan-aturaannya.”Dan bila suatu saat nanti ada indikasi pelanggaran mereka kita arahkan untuk melaporkan ke petugas pengawas terdekat seperti panwascam,” imbuhnya.

Selain itu Habib juga menambahkan bahwa kegiatan ini menjadi salah satu bentuk Panwaskab Magelang mengajak partisipasi masyarakat dan khususnya pemilih pemula ini untuk mewujudkan Pilkada damai di Magelang.”Dan ini kita lakukan deklarasi Pilkada Damai dengan backgroup Candi Borobudur dengan maksud tujuan yakni dengan semangat kemegahan candi Borobudur yang menonjolkan kebesaran toleransi bisa menciptakan Pilkada damai, berkeadilan dan berintegritas,” pungkasnya. (bsn)

Baca Berita Lain  : Panwaskab Magelang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here