Ganjar Pranowo : Gotong Royong Modal Utama Dalam Penanganan Bencana

0
570
GOTONG ROYONG : Ganjar Pranowo hadir dalam Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB) se Jawa Tengah di Kaliurang Srumbung Magelang (5/12)-- ( Foto-istimewa)
GOTONG ROYONG : Ganjar Pranowo hadir dalam Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB) se Jawa Tengah di Kaliurang Srumbung Magelang (5/12)-- ( Foto-istimewa)

BNews—SRUMBUNG— Kunjungan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo disambut masyarakat Kaliurang Srumbung Magelang (5/12). Kedatangan orang nomor satu di Jawa Tengah ini dalam rangka Kegiatan Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB) se Jawa Tengah untuk Gotong Royong bersama.

 

Dalam acara ini dihadiri tim FPRB dari 20 Desa di 12 Kabupaten se Jawa Tengah. Acara berlangsung di Gedung TEA Desa Kaliurang Srumbung Magelang.

Ganjar Pranowo menyampaikan bahwa penanggulangan bencana tidak dapat ditangani sendiri tetapi harus dilakukan secara bersama – sama.”Meskupun bersama-sama tetap harus ada actor penggerak di tingkat desa agar sistem penanggulangan bencana bisa terpola dan terkonsep dengan rapi,”katanya.

“Kita memiliki keunggulan dalam hal ini yakni adat kebiasaaan masyarakat kita yakni Gotong Royong menjadi modal utama yang harus tetap dijaga agar mampu mengispirasi dan contoh bagi masyarakat lain,”imbuhnya.

Selama ini pemerintah selalu hadir ditengah-tengah masyarakat di saat terkena musibah bencana alam walau harus sesuai prosedur.”Bantuan langsung dari pemerintah selalu ada namun tetap ada tata cara aturannya yang terpenting kawan-kawan actor di desa inilah yang harus banyak berperan paling depan,”ujarnya.

Adapun Kalakhar BPBD Provinsi Jateng Sarwo Pramono sebagai penyelenggara mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan suatu peluang dan manfaat luar biasa dengan adanya pelatihan dan pengembangan kemampuan dalam penanggulangan bencana.”Dengan adanya FPRB ini minimal dapat membuat masyarakat sampai tingkat bawah merasa nyaman karena sudah terbentuk actor-aktor tingkat desa ini,”katanya.

“Hal ini juga dalam rangka mewujudkan desa yang berdikari karena FPRB ikut membantu pemerintahan desa dalam penanggulangan bencana alam sesuai salah satu tugas FPRB adalah bisa hidup harmonis dengan masyarakat dan ancaman bencana,”pungkasnya. (bsn)

Baca Juga :

BERITA BENCANA DAERAH MAGELANG

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here