Gelar Tirakatan Refleksi HUT Mungkid

0
107
            BNews–MUNGKID—Kota Mungkid sudah memasuki usia ke 33 hari ini (22/3). Momentum perpindahan ibu kota pemerintahan itu diharapkan menjadi sejarah untuk kemudian menciptakan sejarah berikutnya.
            Bupati Magelang Zaenal Arifin mengatakan pada tahun 1970-1980  Kota Mungkid dikembangkan bersama Kabupaten Semarang/Ungaran, Kabupaten Tegal/Slawi, Kabupaten Pekalongan/Kajen, Kabupaten Magelang di Mungkid dibangun untuk meningkatkan pelayanan publik.
            Pemilihan kota Mungkid sebagai ibu Kabupaten Magelang didasarkan atas pertimbangan sebagai berikut dimana, Kota Mungkid relatif aman dari erupsi Gunung Merapi yang rata-rata mengalami peristiwanya sekitar 4 (empat) tahunan.
Kota Mungkid lokasinya dekat dengan Candi Borobudur sebagai ruang tamu bangsa Indonesia, dengan kunjungan wisatawan diperkirakan 3,5- 4 juta orang/tahun, Kota Mungkid relatif sentral bagi wilayah Kabupaten Magelang dan relatif mudah mencari lahan untuk pengembangan kota utamanya dari sisi penyediaan lahan.
            ”Jadi Otonomi daerah secara filosofis dimaksudkan untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, akan tetapi realitasnya justru otonomi daerah menjadi arena perebutan kekuasaan,” tegas dia.
            Bupati Magelang Zaenal Arifin SIP, mengatakan momen peringatan seperti ini merupakan saat yang tepat bagi kita untuk melihat sejenak ke belakang. Mengevaluasi kembali kinerja kita selama setahun yang lalu, sekaligus meningkatkan sinergitas dan kekompakan kerja kita ke depan.
            Sejalan dengan tema yang diangkat dalam peringatan tahun ini yaitu  ”Kita Jalin Persatuan dan Kesatuan Masyarakat Melalui Seni dan Budaya Menuju Magelang Gemilang”, mengandung arti bahwa kekayaan seni dan budaya yang dimiliki oleh Kabupaten Magelang akan digunakan untuk memperkokoh jalinan persatuan dan kesatuan yang selama ini telah terbina dengan baik. Dengan demikian, cita-cita Kabupaten Magelang menjadi daerah yang gemah ripah (makmur dan sejahtera) disertai tingkat keimanan yang cemerlang akan segera terwujud.
            Dia berharap kepada seluruh komponen masyarakat bergandeng tangan dan bersatu padu dalam membangun Kabupaten Magelang ke depan yang lebih baik. ”Demi segera terwujudnya visi dan misi yang kita cita-citakan bersama yaitu terwujutnya masyarakat yang sejahtera, maju dan amanah (Semanah),” ajak Bupati.

            Kegiatan HUT Kota Mungkid ke 33 sendiri dimeriahkan dengan berbagai kegiatan mulai dari jalan sehat, lomba-lomba, Jelajah Merapi, Pagelaran Wayang Kulit, Malam Tirakatan dan juga festival kuliner dan UMKM. Kegiatan ditutup dengan sepeda santai yang dimeriahkan oleh Cita Citata akhir pekan nanti. (bsn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here