Hujan Deras Picu Longsor Dua Titik di Magelang

0
93
LONGSOR : Akses jalan desa tertutup longsor kemarin sore di Desa Gantang Sawangan (6/12)--(Foto--Istimewa)
LONGSOR : Akses jalan desa tertutup longsor kemarin sore di Desa Gantang Sawangan (6/12)--(Foto--Istimewa)

BNews–MUNGKID– Hujan deras melanda beberapa wilayah di Kabupaten Magelang kemarin siang (6/12). Akibatnya terdapat dua titik longsor di dua Kecamatan.

Kepala BPBD Kabupaten Magelang Edy Susanto menyampaikan terdapat tiga titik longsor yakni di Dusun Popohan Desa Gantang Kecamatan Sawangan pada pukul 17.10 wib. “Untuk longsor titik ini berasal dari tebing setinggi 8 meter dan lebar 15 meter,” katanya.

“Material longsor dengan ketebalan 1 meter dan lebar 5 meter sempat menutup akses jalan Desa menuju pertanian,” imbuhnya.

Untuk longsor di titik kedua terjadi sekitar pukul 14.00 wib di Dusun Maron Desa Ketawang Kecamatan Grabag. “Longsor ini berasal dari tebing setinggi 7 meter dan panjang 5 meter,” paparnya.

“Untuk longsor di Grabag ini material setebal 3 meter sempat menyentuh dinding sebuah rumah di bawah tebing tersebut milik Asmui, 43, namun tidak merusak dinding,” jelasnya.

Edy juga menambahkan bahwa bahwa tim BPBD Kabupaten Magelang tadi malam sudah melakukan pemeriksaan di kedua lokasi tersebut. “Untuk pembersihan direncanakan akan dilakukan kerja bakti pagi ini 7 Desember 2018 oleh warga, relawan, Polisi dan TNI,” tambahnya.

“Saya himbau bagi masyarakat yang tinggal di daerah rawan longsor untuk lebih meningkatkan kewaspadaannya saat terjadi hujan deras dengan durasi panjang,” pungkasnya. (bsn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here