Pegiat Pariwisata Ikuti Pelatihan Mitigasi Bencana di Menoreh

0
267
MITIGASI BENCANA : Para pegiat wisata ikuti pelatihan di Sambeng Borobudur (30/12)--(Foto--bsn)
MITIGASI BENCANA : Para pegiat wisata ikuti pelatihan di Sambeng Borobudur (30/12)--(Foto--bsn)

BNews—BOROBUDUR—Ketika berbicara soal pariwisata Borobudur tentunya tidak lepas dengan kata Menoreh. Sebuah pegunungan di sisi salah satu keajaiban dunia ini berdiri tegang berderet.

 

Gunung Menoreh sendiri disebut Gunadharma tidur sehingga sangat berkaitan dengan Candi Borobudur.”Namun pegunungan menoreh ini tentunya sudah pada tahu bahwa sering terjadi bencana tanah longsor sehingga kita harus memahami semua itu,”ungkap Ketua Komunitas Warung Info Jagat Clenguk Borobudur Sucoro saat membuka acara Simulasi dan Pelatihan Tanggap Bencana bersama Kemenpora hari ini di Dusun Gleyuran Desa Sambeng Borobudur (30/12).

Sebanyak 150 peserta dari Masyarakat Sambeng, Pelaku Wisata dan Pecinta seni dan Budaya (Brayat Panangkaran Borobudur ) akan mengkiuti pelatiahn ini selama dua hari. “Kenapa pesertanya mereka karena mereka sangat erat korelasinya dalam pengembangan kawasan wisata di Candi Borobudur dan daerah Sambeng juga salah satu daerah rawan bencana dan untuk pemateri kita mendatangkan dari BPBD Kabupaten Magelang,”imbuhnya.

Hadir dalam pembukaan acara ini mantan anggota DPRD Kabupaten Magelang Syukur Achadi yang menerangkan bahwa Candi Borobudur ini milik kita bersama walau pendapatannya masuk di Jakarta.”Meskipun kita secaralangsung tidak mendapatkan hasil dari Candi Borobudur namun kita harus berinisiatif mengembangkan kawasan wisata di sekitarnya,”katanya.

“Guna mendukung inisiatif masyarakat tentunya kita harus pahami terlebih dahulu kawasan sekitar kita termasuk area rawan bencana sehingga kita mampu menghadapinya,”pungkasnya. (bsn)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here