Ini Himbauan Dinas Pendidikan di Hari Pertama Sekolah

0
117
                                                                                                                                                                  foto : istimewa

BNews–MUNGKID– Aktivitas kegiatan belajar mengajar di sekolah mulai aktif lagi Senin (17/7) depan. Di hari pertama sekolah diharapkan orang tua mengantar anak muridnya.

Minimal kalau orang tua siswa mengantarkan mengetahui kondisi sekolah. Kemudian, bisa memperhitungkan jarak tempuh maupun lainnya,” kata Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang Haryono, kemarin.

Selain itu, hal itu, katanya supayua orang tua bisa mengetahui kondisi sekolah, kemudian adanya komunikasi antara sekolah dengan orang tua siswa. “Supaya orang tua juga memiliki kepedulian,” papar dia.

Menurtnya, di tiga hari pertama akan dilangsungkan Masa Orentasi Peserta Didik (Mopdik) yang berakhir Rabu (19/7/2017). Untuk materi Mopdik tersebut antara lain tata cara upacara, pengenalan lingkungan, cara belajar di SMP dan wawasan kebangsaan. Selama dilangsungkan Mopdik dilarang adanya perpeloncoan.

“Kami sudah sosialisasikan pelaksaan Mopdik dengan diikuti 129 Wakasek Kesiswaan SMP negeri dan swasta se-Kabupaten Magelang. Nanti materi Mopdik akan disampaikan masing-masing sekolah, untuk dinas melakukan monitoring,” kata dia.

  Untuk keberadaan SMP ada 127 yang tersebar di 21 kecamatan, terdiri 59 SMP negeri dan 68 SMP swasta. Sedangkan pada tahun ini siswa baru siswa SMP se-Kabupaten Magelang sebanyak 13.424. “Pada tahun ajaran baru ini, siswa baru SMP ada kenaikan dibandingkan dengan tahun lalu, meskipun sekolah di daerah pinggiran masih kurang siswa,” ujarnya. (bn1/bsn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here