Ini Jumlah Panen Padi Asal Kabupaten Magelang

0
551
PANEN : Saat panen padi jenis ciherang di Dusun Sikepan, Kelurahan Mendut, Kecamatan Mungkid (20/12). ( Foto--istimewa)

BNews—MUNGKID— Petani padi Magelang menjadi penyangga kebutuhan beras di Jawa Tengah bahkan Nasional. Hal ini dilihat dari data Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Magelang, produksi padi dari Januari hingga Desember 2017 telah mencapai 449.042 ton.

 

Direktur Buah dan Florikultura Kementrian Pertanian Sarwo Edhy menerangkan 449.042 ton padi tersebut jika dijadikan beras mencapai 283.795 ton dan dikonsumsi untuk warga magelang saja, hanya 136.382 ribu.” Hal ini berarti ada surplus 147.411 ribu ton dan tak heran kabupaten Magelang, kini jadi penyangga beras di jawa tengah dan bahkan nasional,”katanya disela-sela panen padi jenis ciherang di Dusun Sikepan, Kelurahan Mendut, Kecamatan Mungkid (20/12).

”Panen kali ini dilakukan untuk membuktikan jika di Indonesia saat ini tidak ada paceklik, karena bisanya bulan Desember, jarang ada panen ,” imbuhnya.

 

“Sekarang hampir setiap bulan dibeberapa daerah selalu ada panen padi, dengan tata niaga seperti ini, kami ingin menutup daerah-daerah yang masih minus,” paparnya.

Dari data di bulog, beras cadangan sampai saat ini mencapai 20 juta ton dan yang siap digudang mencapai 6 juta ton secara nasional target 79 juta ton di tahun 2017, mampu direalisasikan 80 juta ton.” Secara nasional sebenarnya Indonesia sudah swasembada beras.,” jelasnya.

”Dimana jika sebelumnya hanya panen dua kali setahun, kini bisa tiga kali,” imbuh Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Magelang, Ir Wijayanti. (bsn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here