Jangan Dibuang, Sampah Plastik Bisa Dibuat Batu Bata

0
185
Susana pelatihan Eco Brick di RM Banar Kota Mungkid, siang tadi (20/7)


BNews-MUNGKID- Untuk meningkatkan kreatifitas pengelola Bank Sampah di Magelang, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Magelang  menggelar pelatihan Eco Brick. Pelatihan yang mendatangkan perwakilan Bank Sampah se-Kabupaten Magelang dari 21 Kecamatan yang ada di semua ruang pertemuan ruang makan Banar,Kota Mungkid.

Pelatihan Eco Brick yang merupakan pemanfaatan sampah plastik yang selama ini hanya dibuang sembarang menjadi nilai lebih. Juga menjadi bermanfaat dan dengan cara mudah.

Dalam pelatihan itu, plastik yang di potong kecil-kecil dimasukan kedalam botol plastic air mineral ukuran tanggung dan ditekan-tekan hingga penuh dan padat. Nantinya setelah padat dan berbobot minimal 200 gram bisa menjadi bahan baku pengganti batu bata pembangunan rumah yang direkatkan menggunakan semen.

Kasi Pengendalian Pencemaran Udara dan Limbah B3 dari DLH Kabupaten Magelang Irhamdi Noor Syarif menerangkan bahwa hasil eco brick ini nantinya bisa dipergunakan menjadi bahan baku berbagai perabot seperti kursi, tempat tidur, meja dan lain sebagainya.”Untuk menjadi bahan pengganti batu bata bangunan rumah sebenarnya di Indonesia belum pernah di uji coba, namun di luar negeri sana seperti Negara Kanaga sudah digunakan untuk bangunan rumah atau sekedar sekat ruangan,” katanya.

“Tujuan awal kita sebenarnya untuk menyelamatkan lingkungan dengan memanfaatkan sampah plastic yang selama ini menjadi sampah yang menumpuk saja, dan saya harap pelatihan ini nantinya mampu mengedukasi anggota bank sampah di Magelang khususnya dan bisa menyebar ke masyarakat luas,”imbuhnya. (bsn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here