Kala Bupati Berkomunikasi Bahasa Isyarat dengan Anak Tuna Rungu

0
359

BNews–MUNGKID– Ada pemandangan menarik ketika Bupati Magelang Zaenal Arifin berjumpa dengan dua penyandang Tuna Rungu asal Magelang. Bupati ternyata menguasai beberapa cara komunikasi dengan bahasa isyarat.

Zaenal Arifin nampak menggunakan dua tangannya mengisyatatkan perkenalan dan memperkenalkan namanya. Jarinya membentuk huruf Z E A N A L. 

Sontak lawan komunikasinya, Udana Maajid Prastista menjawab dengan bahasa isyarat pula. Udana adalah bocah Kelas V SD penyandang tuna rungu asal Mageang yang akan mewakili Indonesia ke Argentina dalam acara Children Camp yang diadakan World Federation Deaf Youth Section (WFDYS).

“Saya dulu belajar bahasa isyarat sama Oki (anak tunga rungu asal Muntilan,” kata Bupati saat berbincang dengan ayah Udana.

Bupati nampak menikmati berkomunikasi dengan cara yang tak biasa itu. Bahkan, Bupati dan Udana terlihat asik ngobrol hingga di meja makan.

Menurut Bupati, Udana merupakan satu dari sekian anak berkebutuhan khusus yang butuh pendampingan. Butuh kebijakan pemerintah yang ramah terhadap para disabilitas.

“Program kebijakan kita akan terus kita arahkan untuk memberikan ruang bagi para penyandang disabilitas,” paparnya. (bn1/bsn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here