Warga Kalinegoro Keluhkan Air PDAM Byar Pet

0
487
PDAM : Tujuan pemakaian Gas Klorin untuk air PDAM agar memusnahkan bakteri E.Colo, sehingga air ini tidak berbahay untuk dikonsumsi alias aman (10/11)00 (Foto--Istimewa)
PDAM : Tujuan pemakaian Gas Klorin untuk air PDAM agar memusnahkan bakteri E.Colo, sehingga air ini tidak berbahay untuk dikonsumsi alias aman (10/11)00 (Foto--Istimewa)

BNews–MERTOYUDAN – Warga Kalinegoro Kecamatan Mertoyudan Magelang mengeluh kalau air PDAM beraroma kaporit (10/11). Bahkan beberapa waktu sebelumnya aliran air PDAM mati dan tersendat alirannya.

 

Salah satu warga Jl Nangka Perumnas Kalinegoro menerangkan bahwa akhir pekan lalu aliran airnya mati dan baru mengalir lancar malam harinya, selama beberapa hari.”Namun setelah mengalir beberapa waktu airnya berbau kaporit,”katanya.

Air berbau kaporit ini dirasa menganggu karena tidak layak untuk dikonsumsi.”Walau sudah coba direbus hingga mendidih aroma kaporit tetap saja terasa,”imbuhnya.

“Saya bersama warga tentunya khawatir dengan hal ini walau sebenarnya dampak yang terjadi pada tubuh kita jika dikonsumsi,”terangnya.

Kasubag Transmisi dan Distribusi PDAM Kabupaten Magelang, Didik Pudjijatno ditemui dikantornya menerangkan bahwa bau kaporit di air minum tersebut tidak berbahaya karena pemakaiannya sesuai dengan aturan yang diperbolehkan.“Sesuai dengan standard yaitu 0,2 sampai 0,3 PPM yang menjadi ambang batas pemakaian kaporit atau gas klorin,”katanya.

“Tujuan pemakaian Gas Klorin untuk air ini agar memusnahkan bakteri E.Colo, sehingga air ini tidak berbahay untuk dikonsumsi alias aman,”terangnya.

“Jadi ini memang disengaja Gas Klorin di injeksikan kepada air minum PDAM untuk didistribusikan ke masyarakat pelanggan air PDAM,”imbuhnya.

Untuk sistem pembunuh bakteri E.Coli, saat ini menggunakan Gas Klorin. Dimana sebelumnya menggunakan Kaporit bubuk dan diganti menjadi Kaporit cair.

“Jelas lebih aman dengan wujud gas, karena bau kaporit akan mudah menguap, dibanding dengan Kaporit bubuk dan Kaporit Cair yang memang sudah tidak kami gunakan,” pungkasnya.(bsn)

Baca Juga :

BERITA TENTANG PERUSAHAN DAERAH AIR MINUM MAGELANG

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here