Kampung Literasi Ada di Sambak Kajoran

0
171

BNews-KAJORAN- Kampung Literasi yang di bentuk oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia sebagai Gerakan Indonesia Membaca (GIM) dan Kampung Literasi (KL) 2017 sudah mulai di sosoalisasikan dan di bentuk. Salah satunya untuk Kabupaten Magelang di percayakan kepada Komunitas Omah Ngisor yang berada di Desa Sambak Kecamatan Kajoran Kebupaten Magelang.
Sosialisasi tentang hal ini dilaksanakan di Balai Desa Sambak rabu (24/5/2017). Hadir dalam acara ini Badriyah Kepala sub Bidang Keaksaraan & Budaya Baca Dinas Pendidikan & Kebudayaan Kabupaten Magelangsebagai nara sumber dalam acara ini.
Badriah menerangkan bahwa Gerakan Indonesia membaca (GIM) merupakan kegiatan membangun budaya baca masyarakat yang diselenggarakan secara lintas sektoral. “ GIM ini tentunya melibatkan lembaga/instansi pemerintah, lembaga swasta dan berbagai organiasi sosial, kemasyarakatan, keagamaan, kepemudaan dan profesi yang ada di sekitarnya,” Katanya.
GIM 2017 sendiri terselenggara di 19 Kabupaten/Kota dan KL 2017 akan diselenggarakan di 34 lembaga. Untuk wilayah Kabupaten Magelang inilah pertama kalinya penyelenggaraan GIM dan KL, dan saya tidak sebelumnya tidak tahu kalau di Magelang juga mendapatkannya karena ini tunjukan langsung dari Pusat. Tentunya hal ini membuat bangga kita semua karena mengharumkan nama baik Desa, Kecamatan maupun Kabupaten,” Tegasnya.
Muhamad Aprianto salah satu pengelola Komunitas Omah Ngisor mengatakan bahwa hal ini juga membuat kami kaget dan tak diduga bisa di tunjuk dari Kemendikbud RI di percaya menjadi salah satu GIM dan KL di Indonesia. “ Saya sangat bangga dengan penunjukan ini, tentunya juga menjadi tantangan bagi kami untuk menjalankan amanat ini kedepannya,” Katanya.
Komunitas Omah Ngisor sendiri sebelumnya pernah menjadi juara Taman Baca Masyarakat (TBM) Kreatif & Rekreatif tingkat nasional yang diselenggarakan di Palu Sulawesi Tengah.” Kami tinggal melanjutkan apa yang sudah ada, tentunya juga meningkatkannya,” Imbuhnya.

 Untuk Kampung Literasi Antok juga menjelaskan tentang beberapa kegiatan yang akan dilakukan Kampung Literasi. Dia menjelaskan,  Kampung literasi merupakan sebuah kampung/desa yang digunakan untuk meningkatkan minat baca dan pengetahuan masyarakat. “ KL sendiri untukmewujudkan masyarakat yang memiliki 6 komponen literasi. Komponen tersebutyaitu literasi baca tulis, literasi berhitung, literasi sains, literasi teknologi informasi dan komunikasi (TIK), literasi keuangan serta literasi budaya dan kewarganegaraan serta membentuk masyarakat pembelajar sepanjang hayat,” Pungkasnya. (BSN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here