Karding : UU Kebudayaan Perkuat Jati Diri Bangsa

0
115

BNews–KAJORAN– DPR RI sedang menyelesaikan pembahasan rancangan Undang-Undang tentang Pemajuan Kebudayaan. Akhir bulan ini diperkirakan kebijakan untuk memperkuat identitas nasional itu akan disahkan.
“Kita sedang berproses menyelesaikan UU Kebudayaan. Semangatnya tentu untuk menjaga dan memperkuat identitas kebangsaaan kita,” kata Anggota DPR RI Abdul Kadir Karding di sela-sela acara ruwat rawat Borobudur di Lapangan Sutopati Kecamatan Kajoran, kemarin.
Abdul Kadir Karding juga merasa prihatin melihat keadaan masyarakat sekarang yang sudah sangat dipengaruhi oleh kebudayaan luar tidak ada lagi etika sopan santun ditengah masyarakat. “Budaya bangsa kita harus diperkuat. Seperti hari ini kebudayan luar biasa menjaga dan merawat tradisi peninggalan bangsa oleh seniman dan warga di Magelang,” katanya.
Menurutnya, acara ini memperkaya khasanah budaya Kabupaten Magelang. Karding menilai Ruwat Rawat Borobudur memiliki dua nilai.
Yakni aspek kebudayaan yang perlu dilestarikan dan pariwisata yang perlu dikembangkan. “Seperti ini juga bisa dijual secara pariwisata. Di negara lain tidak lebih baik dari ini tapi justru mampu menyedot wisatawan yang banyak. Maka ssaya berharap ini dikelola dengan baik,” katanya.
Penanggung Jawab Panitia 14 Tahun Ruwat-Rawat Borobudur Sucoro Setrodiharjo mengatakan pembukaan diawali ritual dan kemudian dilanjutkan kirab budaya diikuti 50 kelompok kesenian. Mereka kemudian tampil bergantian menghibur masyararakat di lapangan Sutopati.
Selain Abdul Kadir Karding, acara dihadiri Staf Ahli Menpar Bidang Multikultural Hari Untoro Dradjat, Kabid Pemasaran Pariwisata Provinsi Jawa Tengah Trenggono, Muspida, dan ribuan warga masyarakat. Sejumlah mahasiswa asal China juga hadir. (bsn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here