Kebakaran Kandang Ayam di Srumbung Akibatkan Kerugian Rp 200 Juta

0
127
TRAGIS : Sebuah kandang ternak ayam di srumbung dilahap jago merah (13/12)--(Foto--Istimewa)
TRAGIS : Sebuah kandang ternak ayam di srumbung dilahap jago merah (13/12)--(Foto--Istimewa)

BNews—SRUMBUNG—Sebuah kandang peternakan ayam pedaging di lereng merapi di lahap si jago merah kemarin malam (13/12). Akibatnya puluhan ekor ayam dan pakan ternak hangus terbakar korbaran api.

 

Kapolsek Srumbung AKP Daryanto membenarkan kejadian tersebut. “Benar kandang milik Eka Purnama, 42 yang berlokasi di Dusun Nglumur Desa Nglumut Kecamatan Srumbung terbakar sekitar pukul 18.30 wib,” katanya.

 

Api melahap bagian gudang pakan, akibatnya sebanyak 65 karung pakan ayam konsentrat @50 kilogram dan dua buah generator (genset) ludes. “Pemilik kandang yang merupakan warga Dusun Logandeng, Desa Ngablak, Kecamatan Srumbung harus menelan kerugian hingga 200 juta,” imbuhnya.

 

Dari keterangan karyawan korban kepada petugas, api bermula dari arus pendek listrik di bagian gudang pakan ternak. “Percikan api tersebut menyambar bangunan yang berbahan dasar dari bamboo sehingga cepat menjalar,” paparnya.

 

“Saat itu karyawan kandang tersebut sedang pulang, dan diberi tahu oleh warga melihat kobaran api dari kadang yang berlokasi di belakang kampung dekat dengan sungai bebeng,” ujarnya.

 

Kobaran api berhasil dijinakan berkat bantuan warga sekitar. “Beruntung kejadian ini tidak merembet ke seluruh bagian kandang, hanya beberapa ayam yang sempat terbakar lainnya selamat,” pungkasnya. (bsn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here