Kemen PU PR Bakal Bikin Banyak Irigasi di Magelang, Ini Lokasinya

0
124
PROYEK : Salah satu contoh model irigasi di daerah Desa Bligo Kecamatan Ngluwar Kabupaten Magelang (16/4)--(Foto--Istimewa)
PROYEK : Salah satu contoh model irigasi di daerah Desa Bligo Kecamatan Ngluwar Kabupaten Magelang (16/4)--(Foto--Istimewa)

BNews—MUNGKID— Kementrian Pekerjaan Umun, Perumahan Rakyat (PUPR) tahun 2018 ini akan membangun proyek irigasi di 25 Desa di 14 Kecamatan di Kabupaten Magelang. Dan dimungkinkan jumlah tersebut bisa bertambah menjadi di 30 desa jika usulan lima desa disetujui.

 

 

Anggota Komisi V DPR RI, Sudjadi menerangkan bahwa rata-rata proyek ini nantinya tiap desa akan menerima anggaran sebesar Rp 195 juta. “Tahun ini ada 25 desa dan kemungkinan masih akan tambah lima desa lagi akan menerima proyek bantuan perbaikan saluran irigasi dari kementerian PUPR tahun 2018,” katanya saat menghadiri rapat sosialisasi program perbaikan saluran irigasi di Kantor DPUPR Kabupaten Magelang siang tadi (16/4).

 

“Saya berharap lima desa yang sedang kami usulkan terkait proyek irigasi ini akan terealisasi sehingga jumlahnya menjadi 30 desa, berdoa saja karena sedang kami usulkan agar juga disetujui,” imbuhnya.

 

Sudjadi juga menambahkan, bahwasanya dalam pengerjaan proyek tersebut nantinya tetap melibatkan masyarakat setempat sebagai pekerja. “Dan jangan lupa tetap harus berkoordinasi dengan kepala desa dan BPD baik dalam perencanaan maupun pelaksanaannya,” tambahnya.

 

Diketahui anggaran ini nantinya yang akan menerima adalah perkumpulan petani pemakai air (P3A), meskipun demikian tetap harus melibatkan kepala desa dan BPD. “Pesan saya yang terpenting proyek ini jangan sampai diserahkan kepihak ketiga, harus masyarakat sekitar ikut andil dalam pengerjaannya, termasuk mungkin ibu-ibu yang dirumah tidak ada pekerjaan nantinya bisa dilibatkan dengan upah yang sama kira-kira Rp 60 ribu per harinya,” pesannya.

 

Sementara Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak (BBWSSO), Tri Bayu Aji menyampaikan bahwa dari 21 kecamatan di Kabupaten Magelang nantinya ada 14 Kecamatan yang mendapat proyek ini. “Untuk beberapa rincian daerahnya yakni untuk Kecamatan Salaman akan mendapatkan tiga desa, Sementara Kecamatan Grabag dan Mertoyudan mendapatkan masing-masing ada dua desa,” katanya.

 

“Sedangkan untuk Kecamatan Srumbung, Salam, Tegalrejo, Sawangan, Ngluwar, Windusari, Bandongan, Kajoran dan Kaliangkrik nantinya mendapatkan masing-masing satu desa,” imbuhnya.

 

Perlu diketahui bahwa program ini akan dilaksanakan di seluruh Indonesia dengan total di yang akan diperbaiki sekitar 5000 saluran irigasi. “Untuk target dan harapan kami pada tahun 2019 akan bertambah menjadi 10.000 hingga 12.000, sedangkan untuk Kabupaten Magelang tahun depan akan saya usulkan 2x lipat jumlahnya dari tahun sekarang,” pungkasnya. (bsn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here