Kenang Buddha Ribuan Umat Ikuti Jalan Dharma

0
83

BNews-MUNGKID– Ribuan umat Buddha mengikuti prosesi Jalan Dharma dari Candi Mendut menuju Candi Agung Borobudur, kemarin. Jalan Dharma ini sebagai bentuk umat mengenang sang Buddha saat menyebarkan cinta kasih.

    Terik matahari tidak menyurutkan umat melakukan prosesi sakral tersebut. Dalam kirab itu, seluruh umat membawa bunga sedap malam sebagai simbol keindahan. Ada pula umat yang membawa bendera Merah Putih, bendera masing-masing sangha dan majelis.

     Jalan Dharma merupakan rangkaian Tri Suci Waisak 2560 BE/2016 yag dipusatkan di Candi Borobudur. Jalan Dhrama dilaksanakan untuk mengenang perjalanan suci Sang Buddha dalam menggapai pencerahan.

     Mereka menempuh jarak sekitar 6 kilometer mulai Candi Mendut melewati kawasan Candi Pawon hingga zona 1 Taman Lumbini Candi Borobudur.

     Selama di jalan para biksu memberikan air suci kepada masyarakat. Airsuci yang diambil dari Umbul Jumprit, Kabupaten Temanggung dibawa dengan tandu, sedangkan api dharma dari yang diambil dari Mrapen, Kabupaten Grobogan, dibawa menggunakan mobil.

      Jalan Dharma berakhir di taman Lumbini Candi Borobudur. Selanjutnya umat Buddha menggelar puja bhakti dan Dharmasanti Waisak 2561 BE yang dilaksanakan hingga pukul 04.00 pagi esok. (bsn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here