Keseruan Borobudur Marathon, Disambut Kesenian Hingga Pemandangan Menawan

0
491
MERIAH : Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyapa warga yang memanggilnya di sepanjang rute Borobudur Marathon, pagi tadi. (foto : borobudurnews)

BNews—BOROBUDUR— Bagi peserta luar daerah dan luar negeri keikutsertaan di Borobudur Marathon 2017 pasti meninggalkan banyak kenangan. Bagaimana tidak tahun ini antusias warga begitu tinggi untuk menyambut para peserta.

 

Di sepanjang rute marathon, para runner disajikan pemandangan yang tak biasa. Pagi tadi (20/11) sebelum hujan cuaca begitu cerah. Candi Borobudur bersanding dengan Gunung Sumbing.

KEREN : Gunung Sumbing nampak terang saat para runner nomor full marathon melintas (foto : borobudurnews)

Rute yang sejuk dan asri serta melewati beberapa pematang sawah memberikan kesan nyaman bagi para pelari. Senyum ramah warga di sepanjang jalan terus menyapa.

 

Tidak hanya itu, di beberapa titik perjalanan, masyarakat memberikan hiburan. Ada beberapa kesenian yang sengaja ditampilkan untuk menambah keseruan Borobudur Marathon 2017.

 

Beberapa pelajar sekolah menengah pertama dan atas di kawasan Mungkid Kabupaten Magelang turut menyambut para runner. Mereka juga memberikan semangat dengan teriakan dan yel-yel.

 

Para pelari nampak sumringah menyaksikan pemandangan baru ini. Sesekali mereka menengok dan melambaikan tangan.

 

Gubenur Jawa Tengah Ganjar Pranowo pun ikut dalam even ini. Orang nomor satu di Jawa Tengah ini turun di nomor 10 Km. Di sepanjang jalan Ganjar dipanggil-panggil oleh warga. Tidak sedikit runner juga mengajak sang Gubernur berfoto.

JOGET : Kelompok kesenian memberikan hiburan di pinggir rute id kawasan Ngaran Borobudur, pagi tadi. (foto : borobudurnews)

Ganjar Pranowo mengungkapkan agenda tahunan yang sudah berlangsung kelima kalinya ini menjadi sport tourism karena mengajak orang untuk hidup sehat, memberikan donasi dan sekaligus berwisata. “Dengan adanya Borobudur Marathon, kunjungan ke Candi Borobudur meningkat,” katanya, dalam konferensi pers di Grand Artos Hotel and Convention Magelang.

Ide untuk merancang event ini muncul saat orang nomor satu di Jawa Tengah ini mengikuti acara serupa di berbagai daerah termasuk di luar negeri. Ada usulan untuk membuat sport tourism di Jawa Tengah, memanfaatkan keberadaan candi Borobudur. Untuk menambah daya tarik, di sepanjang rute, ada gimmick kesenian daerah setempat yang ikut memberikan semangat para pelari. (bn1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here