Ketua KASN Dorong Jabatan Diisi Profesional dari Swasta

0
120
KASN : Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) Prof Dr Sofian Effendi dalam kegiatan internasional di Pondok Tingal, Borobudur (16/11)--(Foto--Istimewa)
KASN : Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) Prof Dr Sofian Effendi dalam kegiatan internasional di Pondok Tingal, Borobudur (16/11)--(Foto--Istimewa)

BNews—BOROBUDUR—Profesional swasta yang ahli dibidangnya layak diperhitungkan menduduki sebuah jabatan suatu instansi pemerintah. Kebijakan ini sejatinya sudah ada sejak zaman Presiden Soeharto namun baru di tingkat pusat.

 

Hal tersebut dikemukakan Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) Prof Dr Sofian Effendi dalam kegiatan internasional di Pondok Tingal, Borobudur. Sofian menegaskan bila pejabat suatu instansi bisa diisi orang swasta alias tidak harus berstatus PNS demi meningkatkan performa kinerja pemerintah.

 

”Dinas Pariwisata bisa diambilkan dari pelaku dunia perhotelan. Bisa mantan General Manager hotel yang paham seluk beluk dunia pariwisata,” contoh Sofian dalam pertemuan International Conference on Social Transformation Community and Sustainable Development, Jumat (16/11).

 

Mantan Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) ini menyatakan, bila pelibatan teknokrat sudah dilakukan sejak era Orde Baru. Imbuh dia, profesional swasta dinilai lebih tahu kebutuhan suatu bidang sesuai servis yang disediakan pemerintah.

 

”Jika mengambil profesional swasta dan hasilnya lebih bagus ketimbang dari intern PNS, mengapa tidak,” tegas Affandi.

 

Dekan Fisipol Untidar Magelang, Dr Samudra Wibawa, berharap kegiatan diskusi ini akan memberikan gambaran. Utamanya berkaitan dengan pembangunan berkelanjutan guna memajukan sektor-sektor yang belum tergali secara maksimal.

 

”Karena universitas sebagai lembaga pendidikan harus bisa memberikan saran dan masukan untuk pembangunan yang lebih baik,” singkat Samudra. (han)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here