Ketua KPAI : Ajari Anak Menjerit Saat Menerima Sentuhan Buruk

0
59

BNews–SALAM– Angka kekerasan terhadap anak terus meningkat belakangan ini. Hal ini mendorong Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) melakukan sejumlah langkah antisipasi. Hari ini kegiatan sosialisasi digelar di PAUD Al Jauhar Desa Gulon Kecamatan Salam Kabupaten Magelang.
     Acara yang dikonsep seminar Nasional bertema Memutus Mata Rantai Kekerasan Terhadap Anak ini mendatangkan Ketua KPAI pusat Aris Merdeka Sirait. Dia meminta supaya orang tua berperan dalam antisipasi kekerasan anak ini.
     Arist Merdeka Sirait menekankan kepada para orang tua agar lebih memperhatikan peran dan fungsi orang tua kepada anak. ” Pahami anak soal perkembangannya, kasih pengertian soal kesehatan reproduksi,larangan sentuhan yang buruk,dan ajarin untuk berkata tidak dan teriakan saat menerima sentuhan buruk ,” kataNya.
Langkah awal dan mudah peran orang tua untuk memulai memutus mata rantai kekerasan terhadap anak setelah pulang dari acara seminar nasional ini yakni peluklah anak dan mulai berlakulah menjadi sahabat anak. “Luangkan banyak waktu berkuakitas untuk anak,mengenali pergaulan anak,lakukan kegiatan beribadah bersama,terlibat kegiatan sekolah anak,ikuti perkembangan informasi teknologi ,” imbuhnya.
     Ketua panitia Menik Siti Arifah prihatin karena melihat berita berita soal kekerasan terhadap anak yang terus meningkat di Indonesia. ” Kami berkeinginan membuat gerakan priventif perlindungan terhadap anak di Magelang ,” katanya.
Dalam acara itu, juga dilakukan penanda tanganan Deklarasi Kerja Sama untuk Memutus Mata Rantai Kekerasan Terhadap Anak oleh Ketua KPAI,Kepala Paud dan Muspika Kecamatan Salam. (bsn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here