Kini Giliran Gunung Sumbing Terbakar, Ada Dugaan Kesengajaan

0
53
AWAS: Warga masyarakat Sukomakmur saat berupaya memadamkan api di hutan lereng gunung sumbing siang atdi (8/10)--(Foto--Istimewa)
AWAS: Warga masyarakat Sukomakmur saat berupaya memadamkan api di hutan lereng gunung sumbing siang atdi (8/10)--(Foto--Istimewa)

BNews—KAJORAN— Kebakaran hutan terjadi di lereng gunung sumbing pagi tadi (8/10). Diduga kebakaran ini karena ulang orang yang tidak bertanggung jawab.

 

Hal ini dibenarkan oleh Kepala BPBD Kabupaten Magelang, Edy Susanto sore ini. “Memang benar terjadi kebakaran di hutan di Petak 1-5 masuk atas wilayah Desa Sukomakmur Kecamatan Kajoran Kabupaten Magelang sekitar pukul 10.00 wib,” katanya.

 

Dari keterangan petugas lapangan, Edy menjelaskan bahwa awal mulanya petugas perhutani ( Mandor) mendapat laporan dari warga yakni Jahro (Ketua LMDH Desa Sukomakmur) terkait adanya kebakaran di lereng sumbing area hutan Petak 1-5.

 

”Dengan adanya laporan tersebut langsung menginformasikan kepada Asper/KBKPH Magelang dan KRPH Mangli, yang selanjutnya langsung mengadakan pemadaman api bersama Masyarakat Desa Sukomakmur dan Desa Adipura,” jelasnya.

 

Untuk luas area yang terbakar  kurang lebih 4 Hektar dan memakan waktu lama untuk memadamkannya. “Kurang lebih selama lima jam api baru berhasil dijinakan, sekitar pukul 15.00 wib sore tadi baru bisa dipadamkan dan membuat sekat bakar untuk mencegah rembetan apinya,” paparnya.

 

“Karena akibat kebakaran hutan tersebut kerugian ditaksir mencapai Rp. 600.000, dan saya harap masyarakat lebih bertanggung jawab menjaga hutan di lingkungannya melihat cuaca saat ini masih panas dan belum terjadi hujan hingga mudah terbakar,” pungkasnya. (bsn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here