Lagi, Penambang Merapi Tewas Tertimbun Longsor

0
124
LAKA: Korban Laka tambang Merapi yang meninggal dunia saat di identifikasi oleh Petugas Polsek Dukun Polres Magelang (4/12)--(Foto-Istimewa)
LAKA: Korban Laka tambang Merapi yang meninggal dunia saat di identifikasi oleh Petugas Polsek Dukun Polres Magelang (4/12)--(Foto-Istimewa)

BNews–DUKUN- Laka tambang terjadi di lereng Merapi sisi barat pagi tadi (4/12). Akibatnya satu penambang pasir manual meninggal dunia.

Kejadian sekitar pukul 10.00 wib saat para penambang melakukan aktivitasnya di sebuah lahan tambang Merapi masuk wilayah Desa Keningar Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang. “Korban atas nama Zeanal Arifin umur 47 warga Dusun Kembang 2 Desa Bangsri Kecamatan Kajoran Kabupaten Magelang,” ungkap Kapolsek Dukun AKP Bagus Dimas P, saat di wawancarai Borobudur News.

Petugas Polsek Dukun Polres Magelang mendatangi TKP setelah mendapat laporan dari masyarakat. “Dari informasi yang dihimpun petugas dari beberapa saksi di lokasi disebutkan saat itu korban sedang menggali pasir secara manual, kemudian korban merasa lelah dan beristirahat tapi masih dilokasi tersebut selang beberapa menit ada batu jatuh dari tebing mengenai dada korban kemudian terdorong langsung jatuh kebawah tebing,” ungkapnya.

“Salah satu saksi berteriak meminta tolong kepada rekan rekanya dan selanjutnya korban dibawa ke Rumah Sakit Muntilan dan korban dinyatakan meninggal dunia,” imbuhnya.

Dari pemeriksaan medis RSUD Muntilan diketahui korban pada bagian dada hancur dan keliatan organ tubuh dalam, bagian dagu to dan bagian lutut robek. “Dari hasil pemeriksaan korban dan olah TKP disimpulkan bahwa kejadian ini murni kecelakaan kerja dan kekurang hati hatinya korban saat menambang pasir secara manual,” tegasnya.

“Kami sudah menghimbau berkali-kali kepada para penambang untuk jangan asal menambang di lokasi yang rawan longsor, kami juga sudah memasak spanduk himbauan namun kurang di hiraukan. Saya harap kejadian ini menjadi yang terakhir dan menjadi pembelajaran penambang lainnya,” pungkasnya. (bsn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here