Lewat Balai Ternak Baznas Entaskan Kemiskinan 45 Warga Pakis

0
82
BAZNAS : Penyerahan simbolis Domba Moreno kepada peternak oleh PJ Sekda Kabupaten Magelang di saksikan pengurus BAZNAS Pusat dan Provinsi di Pakis (11/12)-(Foto--bsn)
BAZNAS : Penyerahan simbolis Domba Moreno kepada peternak oleh PJ Sekda Kabupaten Magelang di saksikan pengurus BAZNAS Pusat dan Provinsi di Pakis (11/12)-(Foto--bsn)

BNews–PAKIS– Balai Ternak Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) resmi di launching di Dusun Dayugo Desa Banyusidi Kecamatan Pakis Kabupaten Magelang siang tadi (11/12). Melalui kelompok ternak berkah makmur yang dikelola oleh 45 kepala keluarga.

Balai ternak BAZNAS ini merupakan program pemberdayaan ekonomi Mustahik dalam sektor peternakan oleh BAZNAS Kabupaten Magelang. Dan dalam kesempatan kali ini langsung dihadiri BAZNAS pusat dan Provinsi Jawa Tengah.

Balai ternak ini memadukan konsep pembibitan ternak dan penggemukan ternak enak dengan metode pemberdayaan masyarakat khususnya petani dan peternak kecil. “Hal ini menunjukan bahwa BAZNAS sangat serius dalam program ini, tercontoh dalam fasilitasnya program ini cukup lengkap dan pendampingan yang intens,” ungkap Perwakilan BAZNAS Pusat oleh Randi Swandaru Kadiv Pendayagunaan.

Hingga saat ini sebanyak 166 ekor domba disalurkan kepada Bali Ternak Berkah Makmur di Pakis ini. “Kami mohon partisipasinya bagi penerima agar mengoptimalkan program yang kami berikan, dengan target yang ditentukan dan pantauan kami dari pusat kedepan akan berkembang kami akan datang kembali kesini,” imbuhnya.

“Semoga Zakat yang diberikan melalui BAZNAS ini juga mampu untuk mengsucikan harta para pemberi zakat, dan barokah bagi penerimanya,” tandasnya.

Ditambahkan pula oleh Wakil kedua BAZNAS Provinsi Jawa Tengah, Solhihul Huda menyampaikan bahwa program ini akan terus dipantau perkembangannya. “Saya harap laporan berkala perkembangan tiap tiga bulan sekali dari BAZNAS Kabupaten Magelang ke kami bisa dilaksanakan karena akan kami laporkan ke pusat dan evaluasi program,” katanya.

“Harapannya dengan laporan tersebut kedepan support kesini bisa terus bertambah demi perkembangan Balai Ternak ini,” tambahnya.

Sementara hadir mewakili Bupati Magelang, Pejabat Sekda Adi Waryanto menyampaikan dengan dilaunchingnya balai ternak oleh BAZNAS ini mampu membantu perekonomian masyarakat. “Dimana Zakat ini sebagai pranata sarana untuk membantu sesama, dimana harus dikelola seprofesional mungkin dengan akuntabilitas tinggi,” katanya membacakan sambutan Bupati.

“Kami berharap juga program ini mampu memaksimalkan kemanfaatan zakat di kabupaten Magelang, dan mendukung kebutuhan kesedian daging di Kabupaten Magelang dengan meningkatnya produksi ternak seperti balai ternak disini kedepannya,” harapnya.

Dukungan kelembanggan peternakan, teknologi peternakan, modernisasi peternakan sangat diharapkan untuk semua ini. “Seluruh elemen terkait harus saling mendukung program BAZNAS seperti ini,” tegasnya.

Terkait kepengurusan BAZNAS Kabupaten Magelang disampaikan untuk Surat Keputusan sudah siap. “Nanti tinggal menunggu waktu pelantikan,” pungkasnya.

Dalam kesempatan yang dihadiri jajaran dinas terkait dan Forkompincam Pakis diserahkan simbolis satu ekor domba Moreno. Serta uang permodalan sebesar Rp.283.350.000.(bsn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here