Lewat Sendratari, Pelajar SMA 1 Muntilan Serukan Millenial Berbudaya

KREATIF : Siswa SMA N 1 Muntilan saat memainkan sendratari dalam even Millenial Berbudaya, pagi tadi (Foto : istimewa)

BNews—MUNTILAN— Kreatifitas pelajar SMA N 1 Muntilan Kabupaten Magelang ini, layak dicontoh. Bagaimana tidak, sejumlah pelajar tampil memukau memainkan sendratari Srikandi Mustakaweni dalam pagelaran budaya siswa (Pandawa) Jilid IV, pagi tadi (22/4).

Sendratari ini ditampilkan oleh para pelajar yang aktif di ekstrakulikuler seni. Sendratari mengangat cerita tentang perebutan jamus kalimasad. “Sendratari ini diangkat untuk menyampaikan pesan, bahwa perilaku kebajikan tidak bisa terkalahkan oleh sebuah kecurangan,” kata Kepala SMA Negeri 1 Muntilan, Aniardi.

Dia menjelaskan, Pandawa merupakan acara pentas seni yang dikemas seperti sebuah pagelaran. Pada acara ini, kreatifitas siswa diuji dalam mengkolaborasikan unsur tradisional dengan potret kehidupan yang serba modern seperti saat ini. Dari sinilah, penyelenggara dan panitia yang dimotori oleh para siswa sepakat mengangkat tema “Generasi Milenial Berbudaya”.

“Generasi milenial saat ini kerap mendapat sorotan, dan cenderung sorotan negatif. Namun pada kesempatan Pandawa ini, anak-anak menunjukkan bahwa mereka adalah generasi milenial yang berbudaya,” katanya Ani, di sela acara yang dihelat di halaman sekolah, kemarin.

Ketua Panitia Acara, Rimma Nabila Rahma menambahkan, penampilan-penampilan dari para pengisi acara diambil dari beberapa kegiatan ekstrakurikuler. Diantaranya, seni karawitan, olah vokal atau paduan suara, tari, silat, teater juga pantomim. Dia berharap, penonton yang menyaksikan dapat menangkap pesan moral, sosial, dan budaya yang disampaikan pada perhelatan akbar dalam rangka Hari Ulang Tahun ke-53 SMA Negeri 1 Muntilan itu.


“Untuk pengisi acara tahun ini dari siswa kelas X dan XI, dan penontonnya dari seluruh warga sekolah. Kegiatan ini juga menjadi wadah para siswa berkontribusi dalam melestarikan budaya Indonesia,” imbuhnya siswa kelas  XI IPA 5 itu. (bn1)

error: Content is protected !!