Longsor Tutup Akses Candimulyo-Sawangan

0
123

BNews–SAWANGAN– Tanah longsor menutup jalan alternatif antar Kecamatan di Kabupaten Magelang. Longsor berupa tanah dan pepohonan itu menutup jalan antara Sawangan menuju Candimulyo.
Informasi dari Koramil Sawangan Kodim 0705 Magelang longsor terjadi kemarin (25/3). Longsor susulan kembali terjadi siang tadi sekitar pukul 11.00.
Material longsor berasal dari tebing setinggi 50 meter di Dusun Ngagruk Desa Podosoko Kecamatan Sawangan. “Akses sementara tertuutp karena material longsor sangat tebal disertai pepohonan,” kata Babinsa Podosoko Sersan Sutriano.


     Dia mengatakan bahwa kejadian yang berkangsung cukup cepat tersebut tidak sampai menimbulkan kotban jiwa. Hanya saja longsoran tanah dan pepohonan itu menutup akses jalan Podosoko – Bateh.
Untuk membuka akses, Koramil Sawangan Kodim 0705/Magelang bersama relawan Tagar dan OPRB membantu masyarakat setempat mulai membersihakan material longsor. Ngankruk Podosoko Kecamatan Sawangan membersihkan tanah longsor yang menimpa jalan antara Desa Podosoko Sawangan menuju Desa Bateh Candimulyo.
“Kita bantu masyarakat masyarakat Ngangkruk untuk bersama-sama bergotong royong menyingkirkan tanah dan memotong kayu-kayu yang menghalangi jalan” ujar Sutrisno saat bersama relawan melaksanakan  pembersihan tanah dan pemotongan pohon yang menutup jalan.
Hujan yang turun dengan intensitas yang cukup tinggi ditengarai menjadi sebab longsornya tebing di Ngangkruk tersebut. Tidak sedikit pohon yang ada disekitra lokasi juga ikut tumbang dan menghalangi ruas jalan tersebut. (bn1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here