Lukis Wajah Ganjar, Siswa SMKN 2 Semarang Pecahkan Rekor LEPRID

0
65
MANTAP : Ganjar Pranowo saat melihat lukisan wajahnya oleh Siswa-siswi SMKN 2 Semarang (25/10)--(Foto--Istimewa)
MANTAP : Ganjar Pranowo saat melihat lukisan wajahnya oleh Siswa-siswi SMKN 2 Semarang (25/10)--(Foto--Istimewa)

BNews–SEMARANG – Siswa-siswi SMKN 2 Semarang beramai-ramai melukis wajah Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Sebanyak 500 karya dihasilkan dan berhasil memecahkan rekor nasional sehingga menerima penghargaan dari Lembaga Prestasi Indonesia Dunia (LEPRID), Kamis (25/10/2018).

 

Tyas, salah satu siswa SMKN 2 Semarang jurusan manajemen kelas XI mengatakan lukisan itu dia buat dengan memanfaatkan kulit bawang putih dan pelepah pisang. Selama satu bulan terakhir dia menekuri triplek yang digunakan media untuk dia melukis.

 

“Ngerjain bareng temen-temen. Kalau ada kesulitan saling bantu,” katanya.

 

Sementara itu Kepala Sekolah SMKN 2 Semarang Ahmad Ishom mengatakan proses kreatif siswanya itu tidak dilakukan sekejap. Karena pihak sekolah memiliki kampung binaan di Semarang, yakni kampung Rahayu. Warga kampung binaan itu didampingi untuk memanfaatkan limbah lingkungan agar lebih bermanfaat.

 

“Dari pengolahan limbah itu akhirnya muncul ide melukis dan memecahkan rekor ini,” katanya.

 

Ketua LEPRID Ketua Leprid Paulus Pangka mengatakan ini merupakan pemecahan rekor nomor 1113 kategori lukisan ekogreen. Medali pemecahan rekor tersebut diserahkan Paulus Pangka kepada Ganjar Triadi Budi Kusuma.

 

Sementara itu Gubernur Jateng Ganjar Pranowo sangat mengapresiasi kegiatan kreatif yang dilakukan siswa SMKN 2 Semarang. Terlebih karyanya menggunakan limbah rumah tangga, kulit bawang putih dan pelepah pisah.

 

“Ini ide kreatif untuk menggambar, dan memberikan ruang bagi siswa untuk ekspresi di luar sekolah. Yang biasanya dia geluti di sekolah,” kata dia.

 

Dia pun meminta guru dan sekolah untuk terus mendorong potensi kreatif siswa dengan mengundang para ahli. “Kemarin saya minta, undang guru untuk mengajarkan memasukkan media kulit bawang ke wajah, ini kan wajahnya masih dari pensil, ada yang foto. Nanti coba dipindahkan wajahnya juga dari kulit bawang. Kreatif lah anak-anak itu,” katanya. (lhr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here