Magelang Bersih dari Penambangan Alat Berat Ilegal

0
73

 BNew–DUKUN – Kegiatan penambangan liar dengan alat berat di Kabupaten Magelang dinyatakan sudah tidak ada. Kapolres Magelang AKBP Hindarsono terus turun ke lapangan untuk memastikan hal tersebut.
      Siang tadi Kapolres beserta jajaran dan Satpol PP serta Dinas Perhubungan Kabupaten Magelang kembali meninjau sejumlah lokasi penambangan. Hasilnya sudah tidak ada alat berat yang beroperasi. Meski tetap mrndapati penambang manual.
     Tinjauan Kapolres dimulai di alur sungai senowoil Dusun Kajangkoso, Desa Mangunsoka, Kecamatan Dukun. Disana ditemukan 5 unit alat berat yang rusak di biarkan mangkrak di tepian sungai.
     Polisi juga mebemukan penambang manual yang masih beroperasi. Dilanjutkan di titik lokasi tambang masih di senowo di kawasan DAM PUD Muntuk, Dessa Kerinjing, Kecamatan Dukun ini menemukan sesuatu hal yang mengejutkan.
      Bekas bekas penambangan mulai merambat ke tebing-tebing dan mepet ke kawasan TNGM. Ada pula penambang manual yang bekerja di atas tebing yang jelas merusak kawasan resapan air dan mebahayakan.
     Kapolres memerintahkan kepada Kapolsek Dukun untuk menindak tegas penambang meskipun itu manual jika merusak.  “Kalau penambangan (manual) masih di alur sungai masih bisa ditolelir, tapi kalau yang menggunakan alat berat ya harus berijin sesuai peraturan perundang-undangan,” katanya.
    Hindarsono menegaskan seluruh penambangan harus Berijin. “Saya akan selalu mengawasi dan menunggu Pemerintah Daerah baiknya seperti apa untuk regulasinya, untuk pertemua kami juga menunggu undangan Pemda karena sudah dua kali kami yang memfasilitasi, seharusnya kan pemda,” tegas Kapolres Magelang. (bsn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here