Menteri Keuangan dan Menteri Desa Cek Penggunaan Dana Desa di Magelang

0
540
DANA DESA : Wakil Bupati Magelang, Menteri Keuangan RIdan Menteri PDTT saat acara Deseminasi Dana Desa ,Optimalisasi Dana Desa Dalam Mendukung Pemberdayaan Masyarakat dan Perekonomian Desa di GOR Gemilang Komplek Pemda Magelang. di GOR Gemilang ahri ini (16/12)--(Foto--istimewa)
DANA DESA : Wakil Bupati Magelang, Menteri Keuangan RIdan Menteri PDTT saat acara Deseminasi Dana Desa ,Optimalisasi Dana Desa Dalam Mendukung Pemberdayaan Masyarakat dan Perekonomian Desa di GOR Gemilang Komplek Pemda Magelang. di GOR Gemilang ahri ini (16/12)--(Foto--istimewa)

BNews—MUNGKID— Menteri Keuangan Republik Indonesia, Sri Mulyani Indrawati dan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Desa Tertinggal dan Transmigrasi Indonesia, Eko Putro Sandjojo menggelar dialog interaktif hari ini bersama seluruh perangka desa di Kabupaten Magelang (16/12). Hal ini guna memaksimalkan fungsi dana desa untuk pemberdayaan masyarakat dan perekonomian desa.

 

Menteri Keuangan Republik Indonesia, Sri Mulyani Indrawati memberikan apresiasi kepada Desa dan Kepala Desa di Kabupaten Magelang.”Hal ini terbukti dari para kepala desa dan desa yang berkomitmen mengelola dana desa untuk memakmurkan masyarakatnya,”katanya dalam acara Deseminasi Dana Desa ,Optimalisasi Dana Desa Dalam Mendukung Pemberdayaan Masyarakat dan Perekonomian Desa di GOR Gemilang Komplek Pemda Magelang.

“Pemerintah Pusat pada tahun 2018 mendatang telah menetapkan formulasi dari masing-masing desa di Indonesia soal jumlah anggaran dana desa akan sedikit berubah dengan beberapa acuan antara lain jumlah masyarakat miskin di desa tersebut,”imbuhnya.

Acuan tersebut sesuai program Presiden Joko Widodo dengan target pengentasan kemiskinan pada tahun 2019 mendatang.”Joko Widodo mengharapkan angka kemiskinan di Indonesia pada tahun 2019 harus di bawah 10 persen dan bisa dibawah lagi mendekati angka 9 persen,”paparnya.

Sri Mulyani mengatakan bahwa saat ini  desa yang telah mendapatkan dana desa hingga 3,5 Miliyar per tahun, dan yang paling sedikit mendapatkan 800 juta.” Diharapkan dana ini dapat memperbaiki kondisi masyarakat, yakni dengan memberikan pekerjaan, tapi dia sekaligus harus terlibat dalam proyek itu sehingga bermanfaat bagi desanya ” ungkapnya.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Desa Tertinggal dan Transmigrasi Indonesia, Eko Putro Sandjojo, dalam kesempatan yang sama mengatakan bahwa, Presiden selam tiga tahun ini sudah mengucurkan dana desa yang tidak kecil, yakni sejumlah 127 triliyun rupiah.”Saya himbau agar dana desa ini benar-benar dipergunakan sebagai mana mestinya terutama untuk mengurangi angka kemiskinian di Indonesia,”pungkasnya.

Sedangkan selaku tuan rumah tampak Wakil Bupati Magelang M.Zaenal Arifin, menerangkan bahwa di Kabupaten Magelang terdiri dari 21 kecamatan dan 375 Desa.”Sebuah desa merupakan miniature sebuah Negara dimana jika desa makmur maka tingkatan atasnya Kecamatan juga makmur begitu pula tingkat selanjutnya,”katanya.

“Sejauh ini dengan adanya dana desa peningkatan pembangunan infrstruktur, ekonomi dan pemberdayaan di tingkat desa sendiri sangat signifikan, walaupun kadang terkendala dengan masalah administrasi namun saya percaya semua desa di Magelang tetap amanah dalam pelaksanaanya,”pungkasnya. (bsn)

 

Baca Juga :

BERITA Soal Dana Desa di Magelang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here