Merapi Rawan Kebakaran di Musim Kemarau

0
60

BNews – DUKUN – Sosialisasi dari Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) soal menjaga hutan dari bahaya kebakaran mulai di galakan di desa-desa yang berbatasan langsung dengan TNGM atau hutan rakyat. Salah satunya hari ini balai Desa Keningar Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang di gelar sosialisasi tersebut (23/2).
     Sosialisasi yang di berikan langsung oleh nara sumber Ahmadi dari TNGM,  Polisi Hutan Husni dan Dewangga dari Balai  Pengendali Perubahan Iklim ( BPPI ) Wilayah Jawa Bali dan Nusatenggara yang hadir langsung dari Kantor Denpasar, Bali. Untuk sasaran sosialisasi dalah Muspika Kecamatan Dukun, Perangkat Desa, Tim Relawan Mapi ( Masyarakat Penduli Api ), dan tokoh masyarakat.
Ahmadi dari TNGM menuturkan kegiatan ini harus ada peran serta aktif dari masyarakat dan elemen yang ada seperti Kades dan perangkat TNI Polri dalam antisipasi bahaya kebakaran. “Fenomena kebakaran ini bisa diakibat ulah manusia sendiri, faktor cuaca atau iklim yang extream,” katanya
      “Masyarakat dapat tanggap dengan situasi iklim yang ada saat ini yang susah di tebak, apalagi saat cuaca ekstrem yang nantinya masyarakat sekitar khususnya dapat mempersiapkan bila mana terjadi kebakaran hutan,setidaknya bisa meminimalis potensi kebakaran khususya jelang musim kemarau yang diperkirakan juli 2017,” Terang Dewangga dari BPPI . (Bsn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here