Meriahkan Kartini, Gelar Lomba Tumpeng Cantik

0
75

BNews-DUKUN- Sejumlah perempuan di lereng Merapi ini tidak mau ketinggalan dalam memperiahkan dan menyambut Hari Kartini tahun ini. Desa Dukun Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang yang berlokasi 12 KM dari puncak Merapi ini mengadakan lomba memasak tumpeng dan keluwesan berbusana adat jawa (20/4).
Acara yang di prakrasai Kelompok PKK Desa Dukun ini menyelenggarakan lomba antar Dusun se-Desa Dukun di Aula Balai Desa Dukun kemarin. “Kegiatan ini selain menyambut Hari Kartini juga sebagai bentuk bahwa perempuan di Lereng Merapi mampu bangkit dari segala keterpurukan untukmenjalani hidup,” katan Pratiwi ketua Kelompok PKK Desa Dukun.
Ibu-Ibu dengan memakai sanggul dan berbalutkan busana jawa seperti jarit dan kebaya sibuk dengan memasak dan menghias tumpeng mereka. Tumpeng sederhana yang diplating secantik mungkin dengan rasa istimewa ini syaratnya biaya yang dipergunakan maksimal 70 ribu rupiah.
“ Harapan saya untuk memakai kebaya jawa ini agar ibu-ibu mampu memfilter kebudayaan asing yang kian cepat masuk ke Indonesia yang jauh beda dengan adat ketimuran kita, maka itu kita harus membentenginya dengan memperkuat kebudayaan kita,” harap ibu tiga anak ini.(bsn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here