Meriahnya Festival Grebeg Ndeso di Sriwedari Muntilan

0
197

BNews–MUNTILAN– Festival Grebeg Ndeso berjalan meriah di Dusun Ngetos Desa Sriwedari Kecamatan Muntilan Kabupaten Magelang pagi tadi (15/4). Acara ini dalam rangka perayaan Maulid Nabi Muhammad oleh warga.

Warga mengadakan acara ini selama tiga pekan, dan hari ini puncaknya. “Acara ini sebagai salah satu syiar agama Peringatan Hari Kelahiran Nabi Muhammad SAW, sekaligus mengajak masyarakat untuk mendekat dan menonton,” ungkap Ketua Panitia Anang Immamudin.

Acara ini berlangsung mulai tanggal 05 – 15 April. Dalam rangkaian kegiatannya ada pasar malam, bazar potensi lokal, pengajian akbar, lomba kreativitas pelajar, kirab budaya hingga pentas sejumlah kesenian tradisional.

“Untuk puncak acaranya yakni digelarnya kirab budaya yang diikuti ratusan warga, Kirab ditempuh dengan berjalan kaki sejauh 2 kilometer menyusuri jalur alternatif Magelang – Kulonprogo,” imbuhnya.

Imam menambahkan bahwa kirap ini selain diharapkan meningkatkan ekonomi masyarakat, kegiatan budaya ini juga menjadi sarana promosi ikon wisata terpadu yang dimiliki Dusun Ngetos. “Kita juga memperkenalkan potensi wisata Dusun Ngetos, seperti home stay, tubing di Kali Blongkeng dan home industry aneka olahan makanan tradisional,” tambahnya.

Acara yang dihadiri juga oleh Pejabat Sementara (Pjs) Bupati Magelang Tavip Supriyanto memberikan apresiasi atas digelarnya karnaval potensi desa dan atraksi sejumlah dolanan bocah di event Jambore Dolanan Tradisional.

“Rangkaian acara ini merupakan ide bagus dan orisinil dari warga dan untuk kesejahteraan warga,” ungkapnya yang sekaligus didaulat menjadi juri di salah satu lomba tradisional yang berlangsung menarik dan meriah.

“Saya harapa event seperti ini agar ke depan bisa menjadi agenda destinasi wisata Kabupaten Magelang agar semakin unik dan mendunia,” pungkasnya. (bsn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here