Meriahnya Peringatan Hari Santri di Kabupaten Magelang

0
128
KSN 2018: Ribuan santri mengadakan Kirab Santri Nasionaldalam rangka Hari Santri Nasional (22/10)--(Foto--Istimewa)
KSN 2018: Ribuan santri mengadakan Kirab Santri Nasionaldalam rangka Hari Santri Nasional (22/10)--(Foto--Istimewa)

BNews—MUNGKID—Ratusan kendaraan hias lakukan Kirab Santri Nusantara (KSN) siang tadi (22/10). Hal ini dalam rangka Peringatan Hari Santri Nasional oleh ribuan santri lintas wilayah se Kabupaten Magelang.

 

Mereka melakukan kirab mulai dari titik start Lapangan Desa Gunungpring Kecamatan Muntilan hingga lingkaran artos Mertoyudan. Sebanyak 7500 santri dari 235 Pondok Pesantren.SD/MI, SMP/MTS, dan SMA/MA/SMK se Kabupaten Magelang dengan menggunakan 575 kendaraan hias memadati jalan raya Jogja-Magelang siang tadi.

 

Sekretaris Umum Panitia HSN Tahun 2018 PCNU Kabupaten Magelang, Atok Rahman Hakim,mengungkapkan bawha  mereka para santri ini “Sejak ditetapkan oleh presiden pada tanggal 22 Oktober 2015 lalu, hari santri ini menjadi momentum rutin yang dilaksanakan setiap tahun  di seluruh Indonesia,” katanya.

 

Nahdlatul Ulama menjadi salah satu pelaksana hari santri yang dilaksanakan di seluruh jajaran NU di Indonesia. Tak hanya di dalam negeri saja, perayaan hari santri juga dilaksanakan di Hongkong, Jepang, Korea dan beberapa negara di Timur Tengah.

 

Untuk peringatan HSN di Kabupaten Magelang yang bertemakan Dedikasi Santri untuk Indonesia Mandiri ini menjadi simbol penegasan sejarah kontribusi santri dalam merebut kemerdekaan. “Perjuangan para santri dalam merebut kemerdekaan tercatat dalam resolusi jihad. Santri dan kyai berpartisipasi dalam merebut kemerdekaan. Jasa mereka pun diakui dengan dijadikannya tanggal 22 Oktober menjadi hari santri nasional,”imbuhnya.

 

Antok juga menambhakan bahwa memasuki tahun politik ini, HSN ini juga memberikan edukasi politik bagi santri. “Ajaran santri bahwa pemimpin yang dipilih harus memberikan kemaslahatan dan tanggungjawan atas kepemimpinannya,” paparnya.

 

“Untu malam puncak HSN Kabupaten Magelang diadakan pada malamnya berupa tasyakuran dan penganugerahan piala kepada peserta pawai yang kreatif dan inovatif di Desa Bahasa Ngargogondo Borobudur,” pungkasnya. (bsn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here