Miris Pengunjung Candi Borobudur Nekat Panjat Stupa

0
133

BNews-BOROBUDUR-Etika dan sopan santun di tempat sakral ternyata masih kurang, meskipun secara peraturan sudah dilarang masih saja ada pengunjung di Obyek Wisata Candi Borobudur yang nekat melanggarnya. Seperti hari ini salah satu pengunjung tertangkap kamera sedang ber-selfie menggunakan smartphonenya dengan pose memanjat stupa candi (7/8).
Hal ini diketahui karena ada pengunjung lain yang sempat mengabadikannya dan mengunggah di jejaring social Facebook di group Info Cegatan Jogja sekitar pukul 12.00 wib hari ini. Akun yang menggungahnya dengan nama Ardia Arga Pramoedya ini sontak membuat para ratusan netizen berkomentar pedas dan menjadi viral.
Hingga kurun waktu lima jam postingan tersebut diunggah, komentarnya sudah mencapai hampir 900 dan 100 kali dibagikan secara public oleh Netizen.  “ Penistaan tempat ibadah Dan sejarah iku… Aq enggak sukak,” tulis netizen Ivan Semesta di kolom komentar postingan tersebut.
Ada juga Netizen dengan nama akun facebook Riza Fadholi Pasha yang menulis komentarnya,“ PT. TWC mohon ditindak mungkin yg bersangkutan bisa ‘magang’ seminggu bersihin candi.” Mungkin maksud dari komentar ini adalah memberikan saksi social kepada pengunjunga yang melanggar aturan ini.
Si pengunggah postingan tersebut juga sempat membalas komentar para netizen yang menjelaskan bahwa sebenarnya oknum yang melakukan foto selfie tersebut sudah diperingatkan oleh pengunjung lain namun tetap ngeyel. “Sudah diingatkan banyak orang, bahkan wisatawan manca negara juga, tapi tetap tidak mau turun,” ujarnya dengan bahasa Jawa halus di kolom komentar.
Kepala Balai Konservasi Borobudur (BKP) Marsis Sutopo menerangkan tindakan pengunjung itu tidak bisa dibenarkan karena jelas melanggar peraturan dan norma sopan santun. “ Hal ini sebenarnya sering terjadi dan kami selalu menegur jika kedapatan, bahkan jumat kemarin kami sudah melakukan koordinasi dengan berbagai pihak untuk lebih mengantisipasi kejadian serupa,” katanya.
“ Kami akan terus lakukan pembenahan soal permasalah-masalahan seperti ini, edukasi kepada pengunjung soal peraturan dan tata karma di Candi Borobudur sebelum masuk akan kami lakukan, agar pengunjung tetap mentaati peraturan dan bisa menikmati obyek wisata ini,” pungkasnya. (BSN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here